BIAYA PPDS

1.
Saya memang belum diterima di salah satu universitas terkemuka ini. Namun ini ada sedikit gambaran taksiran perkiraan biaya yang saya dapat dari teman-teman baik saya. Mereka sudah menjalani selama 1 tahun pendidikan spesialis.
FKUI
1. Uang sumbangan untuk universitas : – tidak ada -
2. Uang sumbangan bagian Mata : 25 juta sudah ketetapan dari UI ( bukan atas hasil nego ), semua sama pra PTT n Pasca PTT. 1 tahun yang lalu masih bisa diangsur, 5-8 juta per semester. Namun setelah program yang baru “double degree” ( Sp. Mata + M.Kes ), 25 juta harus dibayar dimuka !!! Tak ada tawar menawar !
3. SPP reguler per semester : 3 juta, Pra PTT n Pasca PTT.
Tidak ada yang extension ( 15 juta per semester ) seperti dibagian ObsGyn, IKA, atau IPD.
4. Gossip : dapat beasiswa < 1 juta per bulan dari PT. Cendo. Tapiii … kenyataannya, belum tentu loe dapet dalam 3 bulan, itupun ga sesuai jumlahnya dengan yang dinyatakan ( katanya lho ). Yaahh … walopun demikian, masih lumayanlah buat nambah2 ongkos bensin ke RSCM.
FK UNPAD
1. Uang sumbangan universitas : Pasca PTT 5 juta, Pra PTT 10 juta.
2. Uang sumbangan bagian Mata : 15 juta.
3. SPP reguler per semester : 3 juta.
4. Beasiswa dari PT. Cendo : – tidak ada -
FK UNBRAW
1. Uang sumbangan universitas : – ga tau -
2. Uang sumbangan bagian Mata : Nego !!! Ada yang 40, 60 .. rekor tertinggi 100jt
3. SPP reguler per semester : 3 juta
4. Gossip asyiknya : Beasiswa PT. Cendo 1 juta per bulan.
Sekian aja. Kalo ada yang mau kasih masukan silahkan. Atau malah mau mengkoreksi karena lebih “tau”, silahkan … saya butuh itu.
NB : Oya … oya, ada lagi gossip yang katanya lebih murah untuk sekolah.
FK UNAIR
SPP reguler untuk sekolahnya aja katanya : 1,5 juta.
Sumb: http://meity.wordpress.com (22 Maret 08)
2.
PPDS mata makassar
spp 10 juta/smstr.
uang cendo 500/bln
uang kerelaan masuk : 20 jt
dgn akreditasi c. mau ditingkatkan dgn spp yg mahal
Sumb: http://meity.wordpress.com (Mei 7, 2008)
3.
salam kenal! cuman mau kasi info ktax ppds mata unibraw sekarang permintaan bag 20 juta
Sumb: http://meity.wordpress.com (Juni 11, 2008)

4.
ada info tentang biaya ppds anak UNAIR or UNIBRAW g??
Buat Dee,mu ksi info aj,temenku br masuk Anak Unibraw Jan 2009 ini,ngomongnya sih dia 150jt [minimal, sesuai dgn yg tercantum,tanpa ngisi sumbangan tambahan]
Sumb: http://meity.wordpress.com (Januari 18, 2009 )
5.
buat info aja.. kalo anak di UNS Solo mintanya 150 juta, per semester sekitar 8 jutaan. program doble degree.
Sumb: http://meity.wordpress.com (Januari 19, 2009)
6.
Saya PPDS Pediatri UI masuk tahun 2003 Juli. Saya lulusan FK UKI untuk S1-nya, dan setelah 2x mencoba ujian masuk PPDS Pediatri akhirnya ketrima juga tanpa embel2 rekomendasi. Uang kuliah per semester 3 juta rupiah, gak ada sumbangan atau uang masuk apa pun. Sebagai catatan saya juga menunda PTT.

Jadi kalo masalah komersialisasi, tidak berlaku di bagian IKA FK UI, karena saya sudah merasakan sendiri. Jadi jangan takut coba ujian masuk PPDS, selamat berjuang.
Sumb: http://health.groups.yahoo.com/group/Dokter_Indonesia/message/5998 (Jun 2, 2008)
7.
setelah membaca bbrp mail mengenai “komersialisasi. .” sy jd makin
“ngeper” utk melanjutkan ke jenjang ppds. apalg beragam isyu harga-
harga masuk ppds di univ yang terletak di pulau jawa yg terdengar
memang seharga accord bahkan sudah mencapai toyota camry.tp jika sy
konfirm ke teman2 ppds yg sudah masuk, mereka selalu bilang hanya
sebesar kijang grand tahun 90an. hal tsb membuat sy selalu ragu2 utk
mulai mencoba mendaftar di salah satu bagian. krn itu sy minta
bantuannya TS yg mungkin punya pengalaman ato info2 yg valid dan
terpercaya.
Info yg sy dpt (dan valid) adalah pediatri di unair: uang masuk 25jt,
sumbangan ke bagian diatas 100jt (nego), spp 6jt/smester.
Sumb: http://health.groups.yahoo.com/group/Dokter_Indonesia/message/5998 (Thursday, May 29, 2008)
8.
BIAYA PENDIDIKAN PPDS I

I. PESERTA REGULER :
 PNS / CPNS
 TNI/POLRI
 PRA PTT
 PASCA PTT
BIAYA PENDIDIKAN :
 SPP – Rp.2.250.000,-/Smt.
 BIAYA PENGELOLAAN PPDS -Rp.50.000/Smt.

II. PESERTA PERLUASAN :
 PERORANGAN
 KIRIMAN
 PEMDA
 RS.SWASTA
 FK.SWASTA
BIAYA PENDIDIKAN :
 SPP -Rp.2.250.000 s/d 15.000.000,-/Smt.
 BIAYA PENGELOLAAN PPDS -Rp.50.000/Smt.
 SUMB.PENGEMBANGAN INSTITUSI (SPI) :
-Rp.50.000.000,-
(Dilampiri Surat pernyataan kesediaan dari
perorangan atau institusi pengirim)
CATATAN :
1. BERLAKU MULAI JANUARI 2007
2. SPI DIBAYARKAN SEBELUM MASUK PENDIDIKAN
( Menandatangani surat pernyataan kesanggupan saat mendaftar/
sebelum seleksi)
3. MENANDATANGANI SURAT PERNYATAAN STATUS PENDUKUNG BIAYA PENDIDIKAN.

SEMARANG, JANUARI 2007

DEKAN,

dr.SOEJOTO,PAK,Sp.KK(K)
NIP. 130 368 078

Sumb: http://www.fk.undip.ac.id/download/ppds/05.doc

9.
dear ts adjeng,,

sy br masuk ppds jan 08..
ngambil bedah plastik di UI..
uang masuknya dr univ kena 10 jt, dr bagian ga mintain
uang, spp 3,1 jt dtmbh biaya admin dll 600 ribu..
jadi totalnya 13,7 juta.
kl untuk yang bedah umum dan orthopedi uang dr univnya
25 juta,,ga ada uang bagian juga, yg spp dan lain2
tetap 3,7 juta ..total 28,7 juta..
anestesi juga sama 13,7 jt.

saya lulusan fk unpad
dan setahu sya kl dsna memang mahal..
tp untuk rincian di unpad sy kurang jelas.

semoga infonya bermanfaat

-shelly-
Sumb: http://health.groups.yahoo.com/group/Dokter_Indonesia/message/5958 (May 29, 2008)
10.
DEPARTEMEN ILMU KESEHATAN ANAK
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
Persyaratan administratif
- Ditentukan oleh Fakultas
- Dana pengembangan : Rp. 25.000.000,- / Rp. 40.000.000,-
- SPP per semester
- Rp. 3.000.000,- (Regular : PTT, usia <35 tahun)
- Rp. 15.000.000,- (Mandiri)
Sumb: http://www.cdc.fk.ui.ac.id/_UPLOAD_/_ARTICLE_/Pemaparan%20tentang%20PPDS%20I.pdf
11.
Ikutan ah .. saya masuk PPDS juga ga sampe semahal itu ..
Modal masuk cuma 500 rb buat sumbangan perpustakaan bagian. Abis itu hanya bayar uang semester aja …
Lain-lain … bisa jalan-jalan gratis ikut PIT, MABI, PABI ….
Wah sa’umur-umur naik pesawat dibayarin dan nginep di hotel bintang lima yang mewah (menurut saya) gratis tis yaa pas jadi residen …
salam,
lakshmi

sumb: http://health.dir.groups.yahoo.com/group/Dokter_Indonesia/message/3602 (Mar 19, 2007)
12.
Salam,
Mengapa biaya untuk menjadi dokter spesialis di Indonesia sangat
mahal? Banyak hal yang mungkin bila kita paparkan di sini akan
membuat orang terkaget-kaget, begini parahnya kondisi kedokteran di
Indonesia. Kebetulan, saya dan kakak saya adalah seorang dokter,
lulusan salah satu universitas swasta di Jakarta, dan sekarang sedang
menjalani PPDS sehingga kita tahu benar ke mana uang itu mengalir:

1. Biaya masuk.
Untuk masuk PPDS, peserta harus membayar sekian puluh juta hingga
ratus juta. Anak UGM (Rp 40-80 jt), Orthopedi Unpad (Rp 150 jt),
Interna FKUI (Rp 50-100 jt), Kulit Unsrat (Rp 150 jt!!!)
Bahkan ada pula yang membayar sampai Rp 300 jt.
Pertanyaannya adalah kemana uang itu lari ???

2. Biaya persemester.
Biaya ini juga berat. Ada universitas yang membuka golongan
extension, persemester harus bayar Rp 15 jt. Jadi dihitung2, dalam
5 tahun biayanya 15x2x5=Rp 150 jt. Dapet satu mobil kijang…

3. Biaya tak terduga.
Banyak biaya keluar begitu saja, diluar biaya untuk pendidikan.
Misalnya, seorang peserta PPDS junior yang jaga malam kadang2
harus urunan uang untuk bayarin senior2nya makan. Biaya makan2
ini juga makin tambah besar saat sesi presentasi kasus. Seorang
peserta PPDS harus bayarin juga makan2 buat para konsulen.
Belum lagi biaya fotocopy buku, kadang seorang senior dengan
seenaknya menyuruh si junior untuk fotocopy bukunya… tanpa mau
bayar. Saya sendiri sudah habis 100 jt dalam 1,5 tahun, HANYA
untuk biaya tak terduga ini.

Bagaimana dengan pendidikan di luar negeri?

Sekarang semakin banyak dokter lulusan universitas swasta yang kabur
ke luar negeri, banyak dari mereka sekolah di Filipina, Malaysia,
Jerman atau RRC. Di sana biaya memang sedikit lebih mahal dari
Indonesia, tapi pendidikan jauh lebih bagus. Dan yang lebih
penting… biaya yang dikeluarkan tidak nyelip ke kantong konsulen
atau bayarin fotocopy para senior.

Bagaimana dengan sistem pendidikan?
Jerman atau RRC misalnya, satu orang profesor mendampingi HANYA dua
peserta PPDS. Jadi seorang professor tidak dikerubutin 10-20an orang
seperti di Indonesia. Lagipula, transfer ilmu di luar negeri sana
langsung dari professor, prof lagi bedah.. kita ikut, prof lagi
periksa pasien.. kita ikut. Sehari-hari ketemu prof.
Kalau di Indonesia? Transfer ilmu dari senior, karena itu banyak
‘ilmu hitam’ yang juga masuk. Repotnya kalau menjelang ujian, kita
harus jeli memilah mana ilmu hitam… mana ilmu dari text-book.

Bagaimana kedokteran di Indonesia bisa maju?

Salam sejawat,

S.O.
Sumb: http://health.dir.groups.yahoo.com/group/Dokter_Indonesia/message/3586 (Mar 16, 2007)
13.
Untungnya saya ga semahal itu ko…Semua yang biaya
saya keluarkan wajar. SPP 3jt/smtr, ga ada uang
pangkal yang sebegitu mahal. Kebetulan saya lagi ambil
ilmu penyakit dalam di UI. Makanya masuk UI aja.
Sumb: http://health.dir.groups.yahoo.com/group/Dokter_Indonesia/message/3595 (Mar 17, 2007)
14.
Sethau saya. bayaran uang pangkal tdk dipatok sekian
puluh atau ratus jt kok… biasanya bagian hanya
mematok kelipatan 5 atau sepuluh, selanjutnya terserah
yang mendaftar. Biasanya yang tdk pede, ya bayar mahal
karena takut tdk diterima. seperti lelang lah… Di
unair saja persemester hanya 1 jt dan hampir semua
bagian tdk memungut uang utk bagian. Di unpad juga
begitu.. Tetap nilai ujian, psikotes dan wawancara
yang menetukan hasil…
Sumb: http://health.dir.groups.yahoo.com/group/Dokter_Indonesia/message/3597 (Mar 18, 2007)
15.
Yth TS sekalian
selalu rame yaa kalau ada pembahasan tentang PPDS,
seingat saya dulu juga sudah pernah di diskusikan di
forum ini deh…

Menurut saya mahal tidaknya suatu pendidikan sifatnya
relative yaa, tergantung kitanya…bisa dibilang mahal
kalau kita merasa tidak akan dapat manfaat banyak dari
ilmu/pendidikan yang akan kita ambil, bisa murah kalau
kita tahu apa manfaatnya nantinya

Perbandingan antara pendidikan di luar dan didalam
negeri juga bukan menjadi jaminan, apakah lulusan luar
akan lebih baik dibanding di dalam negeri,yang katanya
selalu ketemu dengan prof dsb (loh emang di center
pendidikan disini enggak yaa..perasaan ya sama tuh).
Banyak kok para spesialis kita yang disegani tidak
hanya di forum ASEAN tapi juga internasional. sekali
lagi kembali ke kitanya mau ngapain dan diapain tuh
ilmu yang diberikan atau sedang dicari…

Bagi kami pendidikan yang kami ambil di bidang ilmu
THT-KL FK UNDIP/RS Dr Kariadi misalnya terasa tidak
mahal. SPP 1,85 jt/smester, terus selama pendidikan
dibayarin untuk mengikuti 2 kali kongres selama massa
pendidikan, dibayarin kursus keahlian 3 kali @ 3 juta
rupiah, kami swadaya/swadana dengan uang sumbangan
masuk kolektif kami dapat membeli tools THT yang
uptudate dan baik (kalau nunggu dari pemerintah
bisa-bisa minta hari ini realisasi mungkin setelah
lulus baru ada alatnya, lagian harga tools kan bukan
jutaan atau puluhan tapi ratusan man)dan dapat
digunakan sepuasnya untuk mengembangkan keahlian di
bidang THT tanpa urusan birokrasi yg panjang,
fasilitas internet hotspot free 24 jam (asal betah
aja), langganan berbagai journal internasional,
dikursusin bahasa inggris free selama masa pendidikan
dan saya rasa bagian lain di center pendidikan manapun
sama dalam mensiasati perkembangan ilmu di bidang
keahlian masing-masing…jadi kami tahu sendiri kemana
uang yang kami sumbangkan waktu itu dan manfaat apa
yang kami dapatkan

semoga sharing ini menambah sedikit wawasan kita
tentang dunia PPDS di Indonesia, semoga kita tidak
selalu mendiskreditkan apa yang bangsa kita miliki
sendiri,…. memang betul disana-sini masih banyak
kekurangan, tetapi membangun opini yang kurang pas
rasanya tidak adil bagi mereka para pengajar yang
sungguh-sungguh mendedikasikan segala yang mereka
miliki demi kemajuan bangsa ini khususnya di bidang
ilmu kedokteran….maju Indonesiaku, jayalah Negeriku
Indonesia

join us in Hearing for All 2030

Kristiawan AR, dr
ENT-HNS Resident
Faculty of medicine Diponegoro University
Kariadi Hospital
Semarang
Sumb: http://health.dir.groups.yahoo.com/group/Dokter_Indonesia/message/3598 (Mar 19, 2007)

16.
boleh nulis ya,
memang betul para TS, biaya spesialis sangatlah mahal.. tp gak semua lho, ada juga bagian yang gak menerima uang sumbangan sampai ratusan juta kok. Dengar-dengar bagian anak unpad masih bisa ditolerir kok, interne unpad malah gak nerima sumbangan..di UI juga ada yang gak mahal kok.. mungkin bagian-bagian tertentu memang ada yang bayar ratusan juta *apakah hanya orang-orang kaya saja yang bisa sekolah? I don’t know..*, saya kaget juga TS begitu terbuka memaparkan biaya-biaya di tiap bagian. seandainya memang harus bayar ratusan juta, itu bisa dicicil kok, gak langsung tunai.. semua itu negotiable. tapi budaya feodalisme jaman socrates masih belum bisa dihilangkan,, malah semakin mengakar.. kemanakah sumpah dokter yang kita ucapkan waktu mengucapkan sumpah dokter dibawah kitab suci masing-masing? sebegitu bobrokkah dunia kedokteran di Indonesia?
saya kira kembali ke hati nurani masing-masing..
Dan gak gampang jadi dokter, ga murah jadi spesialis, gak mudah menghadapi intrik sesama residen sewaktu pendidikan, dan harus sabar menghadapi dunia sebenarnya pasca co-ass dan pasca ppds..
Semua tergantung kita, ikhlaskan saja, kita mungkin ga bisa merubah sistem, kita hanyalah ranting rapuh yang hanya mengikuti arus.. jadilah saja sebaik-baik dirimu.. apa yang kita perbuat pada orang lain, itu akan kembali kepada kita juga kok..
Jangan pernah menyerah, keep the faith !
Maaf kalau kata-kata saya ada yang kurang pantas..
Nikmati dunia kedokteran, kembalilah pada keluhuran yang murni,
sumb: http://health.dir.groups.yahoo.com/group/Dokter_Indonesia/message/3604 (Mar 20, 2007)
17.
UI juga tdk murah(baca:mahal) pak ! Tergantung program dan spesialisasi mana
yang anda pilih, kalau program jalur biasa (yang sudah PTT), biaya normal,
kalau jalur langsung Belum PTT, mahalan, yah 3 kali lipat lah. Tapi sekarang
UI udah nga ada jalur langsung kan?
Anyway, mahal atau tidaknya, sebenernya harusnya berbanding dengan fasilitas
yang diterima, misalnya kalau harus bayar 10 juta per semester, tapi setiap
hari bisa akses Jurnal Ilmiah gratis, banyak kuliah tamu dari luar negeri
via satelit, termasuk biaya penelitian, buku dipinjamkan, kan nga jadi
mahal. Pasti rela bukan bayar 10 juta per semester?
Katanya Indonesia masih butuh banyak dokter spesialis nih, kalau begitu
kenapa tidak diakali saja, daripada mendidik spesialis yang butuh waktu 4-5
tahun, kenapa tidak mengambil potensi yang sudah ada, misalnya dokter umum
(yang sudah praktek lama, banyak menerima pasien tertentu), dididik agar
mempunyai keahlian lebih, sehingga mampu menggantikan fungsi dokter
spesialis. JAdi keahlian bertambah, walau tanpa gelar, waktupun lebih
singkat. Yang penting kan pasien terlayani, bukan dokternya dapat gelar. Ini
hanya wacana……….
Wangge
Sumb: http://health.dir.groups.yahoo.com/group/Dokter_Indonesia/message/3609 (Mar 22, 2007)
18.
ANGGARAN BANTUAN BIAYA TUGAS BELAJAR PPDS BK TAHUN AKADEMIK 2008
Total yang akan anda terima sebagai PPDS BK dalam 5 thn berjumlah : 359.200.000
I. SELEKSI PENERIMAAN CALON PESERTA TUBEL yang anda terima 11.200.000 dengan rincian sbb :
a.formulir pendaftaran seleksi : 50rb
b.perjalanan dari daerah ke FK untuk seleksi :
- transport : 3 juta (1x)
- uang harian : 350 rb (x 4 hari ) = 1.400.000
- uang penginapan : 350 rb (x 4 hari ) = 1.400.000
c.seleksi akademik di FK : 2 juta (1x)
d.perjalanan dari daerah ke FK untuk pendidikan :
- transport : 3 juta (1x)
- uang harian : 350 rb (x 1 hari ) = 350 rb

II. PENDIDIKAN DI FK DAN RS PENDIDIKAN total yang diterima biaya perorangan dalam 5 thn adalah 288.000.000, dgn rincian sbb :
a. SPP : 4 jt (x 2smt x 5 thn) = 40 jt
b. BOP atau Bantuan Operasional Pendidikan : 20 jt (x 2smt x 5 thn) = 200 jt
c. Buku dan Referensi :
- Text book, journal / literature : 500 rb (x 2smt x 5 thn) = 5 jt
- Langganan email, virtual library : 500 rb (x 2smt x 5 thn) = 5 jt
d. Kursus Wajib : 2.500.000 (x 8kali) = 20 jt
e. Karya Ilmiah :
- karya ilmiah jenjang 1 (thn pertama SM-2) : 5 jt (1x)
- karya ilmiah jenjang 2 (thn ke 3 SM- delapan) : 5 jt (1x)
f. Ujian akhir nasional ( jenjang 2 ) : 5 jt (1x)
g. Dana pengembangan kolegium : 50 rb (x 12bln x 5 thn) = 3 jt

III. TUNJANGAN BIAYA HIDUP (Sesuai standar biaya depkes 2007) : 60 jt dengan rincian sbb : @ 1 jt (x 12 bln x 5 thn) = 60 jt
19.
Memang susah hidup di Indonesia…mau maju saja dipersulit…..

Istriku, tahun ini ada rencana mau ambil internis/SPD di UGM Yogyakarta
Eh ternyata sudah ada pengumuman kenaikan biaya PPDS per Juli 2008. busyet
mahal banget…
+++++ SPP –Rp.10 juta / semester
+++++ BOP–Rp. 7-15 juta / semester
+++++ SPA–Rp. 25 juta
+++++ Penelitian Rp. 25 juta.
Kalau ini mah..orang miskin enggak boleh sekolah..
Jadi ngeper nih…
Halo3x…orang UGM gimana nih?

Kalau dicek di websitenya, biaya belum segitu mahal

Sumb: http://www.mail-archive.com/dokter_umum@yahoogroups.com/msg04397.html (26 Feb 2008)
20.
Biaya Pendidikan untuk Program Spesialis PPDS UNPAD dapat menghubungi Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Telepon : 022-2036549, 2039126, Fax : 022-2036549.
Sumb: http://smup.unpad.ac.id/bpprodisp.php
21.
1. Kalo buat PPDS jantung di UI kayaknya syaratnya sama kayak PPDS di bagian lain terus denger-denger ada tambahan ACLS+EKG
2. Waktu pendaftarannya Awal Maret – Periode Masuk bulan Juli sama Awal September – Periode Masuk bulan Januari
3. BIAYA PENDIDIKAN
SPP : Rp. 3.000.000; Setiap Semester
Biaya (Met-Lit & Orien) : Rp. 600.000; Satu kali bayar
DPP & DP : Rp. 775.000; Satu kali bayar
DKFM : Rp. 35.000; Setiap Semester
Biaya daftar ulang (adm.) : Rp. 300.000; Satu kali bayar
4. Untuk masalah rekomendasi gosip dari kakak kelasku katanya `wajib` ada dan harus dari SpJP
5. Gudluck ya….
Sumb: http://www.dokter.or.id/index.php?topic=256.0 (July 08, 2008)
22.
aaaah setau gua UI bayar resminya segitu… tapi yg ga resminya GILA!!

u/ rekomendasi2an… itu mah berlaku u/ di seluruh indonesia.. kayak pelicin gitu.. kalo tanpa itu yah.. bertele2..
sumb: http://www.dokter.or.id/index.php?topic=256.0 (July 08, 2008)

Bagi teman2 yang mengetahui info tentang biaya PPDS, tolong ditambahkan ya, di bagian coment.. semoga bermanfaat buat teman2 yang lain.

15 Tanggapan to “BIAYA PPDS”

  1. dr. devi resnia Says:

    Sekitar akhir thn 2008 gw sempet mau daftar PPDS IPD FK Unpad (tapi ga jadi soalnya mo merit..alokasi budget man…hehe..), jd gw sempet tanya2 sama staff IPD n residen IPD Unpad;
    -Uang pangkal: pra PTT 20 jt
    paska PTT 11 jt
    -SPP : 2 jt/semester(total 11 semester)..(kbrnya ada bbrp pabrik obat mau yg ngebayarin SPP residen2 ini..asal pinter..)
    …ga ada biaya tambahan lain..soalnya IPD Unpad ga nyari pemasukan lewat pdidikan..

    Kalo biaya hidup bandung (S1 FK gw jg di unpad,produk lokal euy..jd gw tau lah),kalo makan di bandung sekitar 7rb-10rb lah 1xmakan..itu makan di pinggir jln n kantin2 lho..klo hobby k cafe yah sekitar 15rb-30rb 1xmkn..
    Kost d bandung macem2..klo di sekitar RS Hasan Sadikin(RSnya Unpad) sekitar 300rb-1jt/bln..tgtg fasilitasnya..rata2 500rb/bln sih..
    kontrak rumah dkt RSHS rada mahal dari kost,skitar 15jt-30jt/thn ..kecuali mau share ma org laen..

    well gitu aja info yg gw tau..klo ada yg mau update silahkan..bagi2 info gt…cheers..

    “wah, thx banget ya infonya… semoga bermanfaat bagi teman2 lain yang mau ambil PPDS di UNPAD. Teman2 yang lain.. kirim ya infonya”

  2. dr Wuryanto Says:

    IPD UGM, terakhir sumbangan fakultas 10 juta, bagian 25 juta, tambahan sedikit2 biaya administrasi. Materi yang diujikan materi dasar dan test TOefl. Lumayan bersih, ada rekomendasi tapi 1, 2…
    Info dari teman, Interna UNS terakhir 150 juta.

  3. dr zacx Says:

    PARU UNS
    murah wid, paru tidak ada biaya tambahan, hanya biaya BPI ke fakultas 30 jt, spp 3jt/ semester, biaya s2 8,5 juta dibayar dimuka. testnya gampang ada di buku semua tinggal beli fotokopian di belakang kampus, lengkap ada semua.

  4. dr hans Says:

    OBGYN UNIBRAW
    Sumbangannya skrg 20 juta dan spp 3 juta persemester. test masuk: test wawancara, psikotest, toefl, kesehatan dan teori..materi teorinya obgyn fisiologis dan obstetri sosial.

  5. dany Says:

    Bedah umum UGM spp 3 jt/semester + BOP 5jt/smtr. Tanpa uang gedung
    test teori bedah, TOEFL (diatas 500), dan psikotes

  6. dr Budi Says:

    BEDAH UMUM UNS
    biaya BPI (sumbangan ke fakultas) 50 juta (ini legal)
    biaya SPP 3 juta

    tes masuknya
    1. wawancara dengan direksi RS
    2. wawancara dengan dekanat
    3. test EAP (toefl yg dimodifikasi)
    4. psikotest
    5. test kesehatan
    6. test tulis bagian bedah
    7. wawancara dengan staf bedah RS

    di luar itu sudah tidak ada tarikan lagi apa2.

  7. dr. Habib Says:

    Mohon kejelasannya yang bener2 jelas dunk,,, kok ada yang ngatakan ini itu,,, mana yang bener yach,,,, Biaya IPD UNAIR berapa yach????thx…

  8. dr. Iswadi Siagian Says:

    Gimana dengan biaya PPDS OBGYN dan Penyakit Dalam di FK UNIV. HASANUDDIN?

  9. dr. Henny M Says:

    TS,
    bener ngga si, kalo di interna UI atau univ lain, ada perbedaan penerimaan PPDS dengan mengaitkan agama, ras atau S1 dari univ negri atau swasta. . . .
    btk

  10. kolapsekali Says:

    gw ppds interna ui, klarifikasi ya, ppds disini gamahal ko, cuma13,7 juta n semester 3 jt, ga lebih, ga ada senior yang minta makan atau nganterin kemana2, kita disini ada untuk belajar aja, untuk agama, ras, atau apapun itu, menurut gw kita disini semua heterogen, dari berbagai agama atau ras, n 4 ur info, gw masuk sini tanpa titipan siapa2, begitu jugasemua temen2 gw. ..cheers

  11. amel Says:

    Yang punya info untuk interna unibraw…tolong di-share duunk…
    Test masuk dan biayanya…(Paling penting boow)

    Makasiih sbelumnya ya…

  12. betty ariyanti Says:

    kasih infonya donk ttg ppds interna unair terutama ttg biayanya

  13. iwan Says:

    mohon banget donk info biaya masuk ppds obgyn ??? berapa uang sumbangan nya ? uang semesternya?.mohon ke email infonya ya. thx banget2

  14. Platypus Says:

    Hi…
    minta di-share donk ppds PARU UI ama UNAIR..
    dari segi downpayment, biaya per semester, biaya tak terduga (utk ujian, baca kasus, dll),

    thx ya!

  15. adis Says:

    info ttg ppds mata unibraw donk..pliz..ttg biaya,materi ujian, dll..makasih


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: