PPDS FK UNIBRAW

program pendidikan dokter spesialis 1

TUJUAN
Untuk menghasilkan tenaga ahli medik yang professional dan yang mampu bersaing secara regional maupun Internasional serta mempunyai sikap yang baik dan mampu memahami dan memecahkan masalah medis secara ilmiah dan bertanggungjawab serta sanggup mengamalkan ilmunya kepada lapisan masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.

PROGRAM STUDI
Fakultas kedokteran Universitas Brawijaya telah membuka program pendidikan Dokter Spesialis I dengan program studi sbb. :

  1. Pendidikan penuh, yaitu pendidikan yang dilaksanakan secara penuh di PPDS Fakultas Kedokteran Univ. Brawijaya/RSU Dr. Saiful Anwar Malang, baik seleksi penerimaan sampai dengan kelulusannya, adapun program studi tersebut adalah :
    Program Studi Daya Tampung /smt Lama Studi (smt)

    1

    Ilmu Bedah Umum

    10

    10

    2

    Ilmu Penyakit Dalam

    8

    8

    3

    Ilmu Penyakit Paru

    3

    7

    4

    Obstetri & Ginekologi

    6

    8

    5

    Patologi Klinik

    8

    7

    6

    Ilmu Kesehatan Mata

    4

    6

    7

    Ilmu KesehatanTHT

    3

    8

    8

    Emergency Medicine

    6

    8

    9

    Ilmu Kesehatan Anak

    8

    8

    10

    Radiologi

    4

    8

    11

    Orthopaedi dan Traumatologi

    5

    10

  2. Pendidikan Awal , yaitu PPDS Fakultas Kedokteran Univ. Brawijaya/RSU Dr. Saiful Anwar Malang, menerima pendidikan awal peserta dari pusat pendidikan dokter spesialis lain untuk di didik selama periode tertentu, di FKUB/RSSA. Adapun Program Studi tersebut adalah :
    Program Studi Bapak asuh
    Ilmu Penyakit Syaraf UNAIR
    Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin UNAIR
    Anaesthesiologi UI
  3. Lahan pendidikan : Fakultas kedokteran universitas brawijaya / Rumah Sakit Umum dr. Saiful Anwar Malang digunakan sebagai lahan pendidikan peserta dari pusat pendidikan spesialis lain, antara lain : •  Ilmu Bedah Urologi •  Ilmu Bedah Syaraf

BIAYA PENDIDIKAN
Semua peserta baik itu dari Instansi Pemerintah, Swasta, TNI/POLRI maupun Perorangan dikenakan biaya pendidikan / SPP per Semester Rp. 3.000.000,- Dana SPP dibayarkan melalui rekening Rektor Universitas Brawijaya

SARANA & PRASARANA PENDIDIKAN

  1. Perpustakaan tersedia secara lengkap di Universitas Brawijaya, RSU Dr. Saiful Anwar dan dimasing masing Laboratorium, baik itu perputakaan umum maupun elektronik/digital dan LAN antara Perpustakaan Pusat UNIBRAW dengan Perpustakaan RSSA .
  2. Laboratorium Bahasa Inggris , sebagai pusat pelatihan bahasa yang dapat digunakan oleh peserta PPDS khususnya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Ingris.
  3. Laboratorium Sentral Biomedik sebagai tempat penelitihan peserta didik PPDS dengan fasilitas yang lengkap dan memadai.
  4. Ruang kuliah , Audio Visual dan alat peraga ketrampilan medik.
  5. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya sebagai penyelenggara pendidikan Pascasarjana (S2 dan S3)
  6. Fasilitas Rumah Sakit & Lembaga Lain
    Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang Sebagai Rumah Sakit Type A Pendidikan, terakreditasi penuh, sebagai tempat penyelenggaraan PPDS I Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, didukung oleh beberapa Rumah Sakit Mitra/Jaringan Pendidikan.
    Instalasi Rawat Darurat RSU Dr. Saiful Anwar Malang sudah lulus ISO 9001 : 2000, pelayanan, sarana dan prasarana serta pendidikan Emergency Medicine bekerja sama dengan Singapore International Foundation cq. Singapore General Hospital

PROSEDUR PENDAFTARAN
Program Pendidikan dr Spesialis I Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya \ RSU Dr. Saiful Anwar Malang dibuka untuk umum baik Peserta dari Instansi Pemerintah ( DepKes, Depdiknas, TNI/POLRI ) Instansi Swasta (BUMN, BHMN), Perorangan dengan status dokterPra/PascaPTT.

  1. syarat dan Prosedur pendaftaran calon peserta PPDS 1 dari Depdiknas,TNI/POLRI, Instansi lain (BUMN, BHMN), FK Swasta / RS swasta,Perorangan adalah sbb:
    1. Surat permohonan/lamaran PPDS dari yang bersangkutan, bagi peserta perorangan dan atau dari Instansi pemerintah/wasta ditujukan kepada Dekan Fakultas Kedokteran UNIRAW Malang = 3 rangkap
    2. Mengisi Formulir lamaran PPDS = 3 rangkap (Formulir hanya bisa dibeli di TKP-PPDS I FKUB)
    3. IP Profesi Minimal 2,75
    4. Pasfoto ukuran 4 x 6 = 3 lembar (ditempel diformulir)
    5. Materai Rp. 6.000,- = 3 lembar (ditempel diformulir dan ditanda tangani)
    6. Foto copy Ijazah dokter & Transkrip nilai keseluruhan yang dilegalisir oleh FK asal kelulusan = 3 lembar.
    7. Surat keterangan selesai PTT dari DEPKES dan Surat keterangan Penundaan PTT dari Dinkes Propinsi setempat (surat ijin untuk mengikuti seleksi PPDS bagi yang Pra PTT) = 3 lembar.
    8. Surat ijin dari Instansi / Lembaga bagi yang bekerja di Instansi, Surat ijin dari Bupati / Wali Kota (Khusus TNI / POLRI harus ada ijin dari Mabes dan surat perintah tugas belajar dari Ditjen Kuathan) = 3 Lembar
    9. Surat keterangan bebadan sehat dari dokter = 3 lembar
    10. Surat rekomendasi dari IDI setempat yang menyatakan tidak pernah melakukan Malpraktek atau pelanggaran kode etik kedokteran = 3 Lembar
    11. Foto copy bukti telah mengurus STR dari Konsil Kedoktran Indonesia = 3 Lembbar
    12. Uang Pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- disetor
      ke rekening Bank BNI Cabang Malang a.n. Rektor UBM S1 Non FK dengan No.Rekening 0039649508 (FC Slip bukti pembayaran diserahkan ke Skretariat
      TKP PPDS I FKUB).
    13. Bagi pelamar yang sudah pernah mendaftar sebelumnya dan belum diterima, supaya melampirkan surat penolakannya.
    14. Formulir dengan lampirannya disusun menjadi 3 set sesuai dengan warnanya masing-masing, dan dikirim ke Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang

  2. Syarat dan Prosedur pendaftaran calon peserta PPDS dari Departemen Kesehatan ( Depkes ) adalah sbb:
    1. Surat ijin dari Departemen Kesehatan / Depkes.
    2. Surat permohonan/lamaran PPDS dari yang bersangkutan ditujukan kepada Sekretaris Jendral Departemen Kesehatan RI = 4 rangkap
    3. Surat keputusan pengangkatan Calpeg.( foto copy di legelisir )
    4. Surat keputusan kenaikan pangkat terakhir. ( foto copy di legelisir )
    5. Surat bersedia ditempatkan sesuai dengan program Depkes setelah selesai pendidikan.
    6. Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) terakhir.
    7. Foto copy Karpeg
    8. Daftar riwayat hidup
    9. Surat keterangan bebadan sehat dari dokter bagi suami, istri dan anak-anak yang bersangkutan
    10. Mengisi Formulir lamaran PPDS = 4 rangkap (Formulir hanya bisa dibeli di TKP-PPDS I FKUB)
    11. IP Profesi Minimal 2,75
    12. Pasfoto ukuran 4 x 6 = 4 lembar (ditempel diformulir)
    13. Materai Rp. 6.000,- = 4 lembar (ditempel diformulir dan ditanda tangani)
    14. Foto copy Ijazah dokter & Transkrip nilai keseluruhan yang dilegalisir oleh FK asal kelulusan = 4 lembar.
    15. Surat tanda selesai PTT dari DEPKES C.Q. Kanwil Depkes bagi yang melalui PTT = 4 lembar.
    16. Surat Ijin dari instansi / lembaga.
    17. Surat rekomendasi dari IDI setempat yang menyatakan tidak pernah melakukan Malpraktek atau pelanggaran kode etik kedokteran = 4 Lembar
    18. Foto copy bukti telah mengurus STR dari Konsil Kedoktran Indonesia = 4 Lembbar
    19. Uang Pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- disetor
      ke rekening Bank BNI Cabang Malang a.n. Rektor UBM S1 Non FK dengan No.Rekening 0039649508 (FC Slip bukti pembayaran diserahkan ke Skretariat TKP PPDS I FKUB).
    20. Bagi pelamar yang sudah pernah mendaftar sebelumnya dan belum diterima, supaya melampirkan surat penolakannya.
    21. Formulir dengan lampirannya disusun menjadi 4 set sesuai dengan warnanya masing-masing dan di kirim ke Sekretaris Jendral Departemen Kesehatan Republik Indonesia
  3. Persyaratan Tambahan :
    1. ILMU PENYAKIT DALAM •  IPK belum PTT minimal 2,85

      •  Sertifikat Seminar, Workshop atau Kursus kesehatan

      •  Surat Keterangan telah bekerja di Rumah Sakit (minimal 1 Tahun) = 3 lembar

      •  Surat keterangan catatan kriminal = 3 lembar

    2. OBSTETRI DAN GINEKOLOGI •  Sertifikat Toefl min. 450

      •  Tinggi badan min. 150 Cm. (Perempuan) 160 Cm. (laki-laki)

      •  IPK S.Ked = 2,75

    3. ILMU KESEHATAN MATA •  IPK BELUM PTT = 3.00
    4. ILMU KESEHATAN ANAK •  Rekomendasi 2 Senior Dokter IKA tempat Pendidikan Dokter Umum = 3 Lembar

      •  Sertifikat Kegiatan Ilmiah

      •  Toefl 450

      •  Surat Keterangan Catatan Kriminal = 3 Lembar

      •  Surat Keterangan Sumber Pembiayaan Studi selama Pendidikan diatas materai = 3 Lembar

      NILAI TAMBAH ILMU KESEHATAN ANAK

      •  Karya Ilmiah dalam bidang IKA

      •  Penghargaan (Kegiatan dibidang kesehatan )

      •  Nilai baik untuk IKA

      •  Mampu menggunakan computer (Word, Processing Multimedia)

      •  Ada Rekomendasi yang relevan berdasarkan Prestasi.

    5. RADIOLOGI •  Surat Rekomendasi dari 2 Senior Radiologi tempat Pendidikan Dokter Umum = 3 Lembar

      •  Toefl 450 / mempunyai kemampuan Bahasa Inggris

      •  Mempunyai kemampuan menggunakan computer (Word, Processing Multimedia)

      •  Surat Keterangan Sumber Pembiayaan Studi selama Pendidikan diatas materai = 3 Lembar

      NILAI TAMBAH RADIOLOGI

      •  Karya Ilmiah

      •  Penghargaan ( Kegiatan dibidang kesehatan)

      •  Nilai baik untuk Radiologi

      •  Ada Rekumendasi yang relevan berdasarkan prestasi

    JADWAL SELEKSI

    1. Pendidikan Periode Januari •  Pendaftaran ditutup pada tanggal 31 Agustus

      •  Pelaksanaan Ujian pada bulan Okt.(minggu ke l)

    2. Pendidikan Periode Juli •  Pendaftaran ditutup pada tanggal 28 Pebruari

      •  Pelaksanaan ujian pada bulan April (minggu ke1)

    No. Kegiatan, Jam & Tempat Periode Januari Periode Juli
    1. Briefing Untuk Peserta Tes Minggu ke- 1 Oktober Minggu ke- 1 April
    Jam 10.00
    TKP PPDS I (Petugas Ketua + Sekretaris TKP, Administrasi)
    2. Psikotes Minggu ke- 1 Oktober Minggu ke- 1 April
    Jam 07.30-13.00
    Ruang Hall Lantai VI Gedung Pusat Pendidikan.FK. Brawijaya
    3. Toefl Minggu ke- 1 Oktober Minggu ke- 1 April
    Jam 07.00- Selesai
    Lab. Bahasa Lantai 1 Gedung Pusat Pendidikan FK. Brawijaya
    4. Tes Potensi Akademik (TPA) oleh OTO-Bappenas Minggu ke- 1 Oktober Minggu ke- 1 April
    Jam 07.30-11.30
    Ruang Hall Lantai VI Gedung Pusat Pendidikan FK. Brawijaya
    5. Tes Kesehatan Minggu ke- 2 s.d Minggu ke- 3 Oktober Minggu ke- 2 s.d Minggu ke- 3 April
    Jam 07.30- Selesai
    RSU Dr. Saiful Anwar
    6. Tes Tulis/Wawancara Minggu ke- 4 Oktober s.d Minggu ke- 1 Nopember Minggu ke- 3 April s.d. Minggu ke- 1 Mei
    Jam 08.00- Selesai
    Program Studi Masing-Masing
    7. Kompilasi Hasil Tes Seleksi Minggu ke – 2 Nopember Minggu ke- 1 Mei
    Jam 11.00-13.00
    Ruang Senat Lantai VI FK. Brawijaya
    8. Pengumuman Hasil Tes Seleksi Minggu ke- 2 Nopember Minggu ke- 2 Mei
    Dikirim Melalui Surat
    9. Mengurus Kepindahan dan Kepegawaian Minggu ke- 2 Nopember s.d Minggu ke- 1 Desember Minggu ke- 2 Mei Minggu ke- 1 Juni
    10. Pradik Minggu ke- 1 s.d Minggu ke 3 Desember Minggu ke- 2 s.d minggu ke- 3 Juni
    Jam 08.00- Selesai
    TKP PPDS I
    11. Orientasi Rumah Sakit Minggu ke- 3 s.d Minggu ke- 4 Desember Minggu ke- 3 s.d Minggu ke- 4 Juni
    Jam 08.00- Selesai
    Ruang Mojopahit RSSA
    12. Penerimaan Oleh Rektorat dan Orientasi Fakultas
    Jadwal Menyusul

    MATERI SELEKSI DAN BIAYA

    Materi
    Biaya
    Psikotest
    Rp. 150.000,-
    Toefl
    Rp. 150.000,-
    Test Kesehatan
    Rp. 500.000,-
    Test Potensi Akademik
    Rp. 275.000,-
    Test wawancara di masing-masing Program Studi :
    1. Ilmu Bedah Umum
    Rp. 400.000,-
    2. Ilmu Penyakit Dalam
    Rp. 400.000,-
    3. Ilmu Penyakit Paru
    Rp. 400.000,-
    4. Ostetri & Ginekologi
    Rp. 400.000,-
    5. Patologi Klinik
    Rp. 400.000,-
    6. Ilmu Kesehatan Mata
    Rp. 500.000,-
    7. Ilmu Kesehatan THT
    Rp. 400.000,-
    8. Emergency Medicine
    Rp. 400.000,-
    9. Ilmu Kesehatan Anak
    Rp. 400.000,-
    10. Radiologi
    Rp. 400.000,-
    11. Ilmu Bedah Orthopedi
    Rp. 400.000,-

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
    Pengumuman hasil seleksi secara resmi akan diumumkan oleh Dekan FK Unibraw kepada masing-masing peserta via surat 2 minggu setelah test seleksi selesai.
    Sekretariat TKP PPDS I FK Univ. Brawijaya / RSU Dr. Saiful Anwar Malang

    Jl. Jagung Suprapto 2 Malang Email : tkpppds1@fk.unibraw.ac.id

    Kontak Person : Deni Dwi Wijayanti (Yanti)

    Telp. ( 0341 ) 335222, 362101 psw. 1262

    Fax (0341) 335199

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: