Sehat tanpa Mitos

Ada pepatah kuno mengatakan, “lebih baik sehat daripada sakit”. Pepatah yang jelas maknanya benar, tetapi agak aneh karena menggunakan kata2 lugas dan tidak ada arti konotasi sama sekali, tidak seperti lazimnya kata pepatah. Beberapa arkeolog mempercayainya sebagai pepatah, di samping sebagian arkeolog lain yang meyakininya sebagai mantra.  Percaya tidak percaya, pepatah itu terpahat di semua piramid di Mesir, bahkan ditemukan hampir di semua peralatan dapur, alat makan, alat mandi dan di banyak tempat di rumah penduduk Mesir kuno. Para arkeolog kebingungan, kenapa kata2 sepele seperti itu dipahat dalam jumlah yang luar biasa dan dihias sedemikian serius sampai-sampai mereka menyimpulkan bahwa pepatah itu merupakan kata2 dewa yang dipercaya sebagai mantra. Mungkin orang Mesir percaya bahwa dengan menuliskan kata2 tersebut di semua tempat akan menjauhkannya dari sakit.

Para arkeolog menyimpulkan bahwa pada zaman itu telah terjadi wabah penyakit yang luar biasa besar yang menyebabkan trauma mendalam pada masyarakat mesir hingga akhirnya muncul kepercayan thd mantra tersebut. Mungkin akan lebih baik kalau saja kalimat itu hanya sebuah pepatah, tapi sayangnya masyarakat Mesir mempercayainya sebagai mantra. Tentu saja, walaupun beribu2 mantra itu dipahatkan di semua tempat dan alat, wabah penyakit tetap saja merajalela karena pada zaman itu pengetahuan masyarakat mesir tentang kesehatan bisa dikatakan nol.

Anehnya kepercayaan terhadap mantra itu terbukti berlangsung selama berabad2. Mereka sangat mempercayai bahwa mantra itulah yang telah menyelamatkan mereka dari wabah penyakit dan kematian. Para arkeolog tidak mengerti mengapa wabah penyakit itu bisa hilang hanya dengan menuliskan kata2 mantra tersebut. Mereka kesulitan mencari jawaban atas misteri itu, tetapi jawabannya sebenarnya sangat sederhana, bahwa semua wabah penyakit akan berhenti dengan sendirinya walaupun tanpa diatasi sekalipun.

Jelasnya, masyarakat Mesir saat itu telah merasa melakukan hal yang benar untuk memperoleh kesehatan dan terhindar dari sakit. Mereka merasa, mereka sehat tapi sebenarnya mereka  sakit karena mempercayai mitos yang salah dan mungkin akan melakukan hal2 bodoh lain yang justru mungkin akan menyebabkan malapetaka lain yang lebih dahsyat. bayangkan saja seandainya mereka mempercayai bahwa dengan memakan daging manusia akan menyebabkan mereka sehat… serem kan….

note: the story is just a fiction

2 Tanggapan to “Sehat tanpa Mitos”

  1. cyperus Says:

    wuih.. seyeem ah..

    baru tau kalo jaman dulu, …. ck..ck..

    salam knal

  2. widiantopanca Says:

    hehehe… kan cuma mitos..

    salam kenal juga..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: