Bahan-Bahan Metalik dalam Pigmen Tatoo

tatooTatoo atau pewarnaan kulit adalah sebuah tanda yang dibuat dengan memasukkan pigmen ke dalam kulit untuk tujuan dekoratif atau lainnya. Tatoo mempunyai tempat spesial diantara ornament tubuh lain karena tidak dapat dicuci atau dihilangkan seperti body painting. Pigmen tatoo dimasukkan dibawah lapisan atas kulit dengan alat sejenis jarum, dan proses ini memastikan bahwa pigmen tersebut tidak dapat dihilangkan.

Tidak ada aturan seragam yang menjelaskan material kasar yang digunakan untuk pewarnaan dalam tatoo, atau yang menjelaskan bagaimana warna tersebut harus ditest terlebih dahulu. Hanya baberapa saja dari bahan-bahan tersebut yang digunakan dalam tinta tatoo diterima dalam pemakaian zat warna untuk kosmetik, makanan dan peralatan medis (termasuk besi oksida dan titanium dioksida). Karena harus merusak lapisan kulit, tatoo dapat beresiko secara medis, termasuk infeksi dan reaksi alergi jika terdapat bahan2 metal digunakan dalam tinta tatoo. Ini dilaporkan dalam artikel di Bentham Open Journals pertengahan Januari 2009

Tujuan dari penggunaan praktik yang baik untuk mencegah resiko yang berhubungan dengan tatoo adalah latar belakang artikel ini dan juga bahwa ada banyak komplikasi yang berhubungan dengan pemasukan pigmen kedalam kulit dimana peradangan lokal, infeksi, dan reaksi alergi merupakan efek samping paling sering. Point utamanya adalah: perlunya ruangan yang higiene, otorisasi dan lisensi dari struktur dan personil, peralatan dan kelengkapan yang higiene, informasi, pelatihan dan kontrol.

Giovanni Forte dari Istituto Superiore di Sanita, Roma, Italia dan koleganya menyatakan bahwa bahan2 metalik pada pigmen yang digunakan untuk tatoo harus dianalisa dan perlunya dilakukan penilaian resiko secara sistematik dengan penuh tanggung jawab terhadap dampak kesehatan.

Untuk keseluruhan 13 pigmen tatoo  yang diperoleh dari satu supliyer tinta tatoo di Italia terdiri dari pigmen2 berikut : tinta hitam, orange terang, kuning kenari, biru country, deep blue, deep green, deep brown, deep turquoise, deep violet, kuning emas, hijau limau, merah scarlet, dan putih telah diperiksa dan mengandung Cd, Co, Cr, Hg dan Ni.

Konsentrasi tertinggi adalah Cr, diikuti Ni dan Cd dan terakhir Co dan Hg. Penjelasan rinci mengenai tinta pewarna untuk tatoo mengandung banyak macam garam2 metal yang merupakan sumber penyebab reaksi kulit, termasuk reaksi alergi, pseudolymfoma, systemic sarcoidosis dan reaksi granulomatosa seperti pernyataan di bawah ini:

Jika jumlah Cr dan Ni, pada beberapa kasus, di atas batas standar untuk terjadinya reaksi kulit, kontak dengan pigmen dapat dianggap relevan terhadap terjadinya dermatitis kontak karena tatoo, atau cukup untuk memicu terjadinya sensitisasi kulit.

Ingin tahu lebih lanjut tentang tulisan ini, download PDF Filetype , temukan tentang informasi ini di halaman 8. (sumber: bentham.org).

Ditulis dalam kulit. Tag: , , , . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: