Terlalu Banyak Cola dapat Menyebabkan Masalah Otot

colaMinum terlalu banyak cola dapat meningkatkan resiko masalah otot yang disebut hipokalemi, para pakar mengingatkan.

Pada orang-orang dengan hipokalemi, turunnya kadar kalium darah menyebabkan masalah dengan fungsi vital otot. Gejala dapat bervariasi dari kelemahan derajat ringan sampai kelumpuhan serius, kata peneliti-peneliti Yunani yang meneliti orang-orang yang meminum antara 2 sampai 9 liter cola perhari.

Dua dari pasien adalah wanita hamil yang datang ke Rumah Sakit karena kadar potasium rendah. Salah satunya berumur 21 tahun yang meminum lebih dari 3 liter cola sehari dan mengeluhkan keletihan (fatigue), kehilangan nafsu makan, dan muntah-muntah. Dari hasil elektrokardiografinya menunjukkan dia mengalami blokade jantung, dan test darah menunjukkan dia mempunyai kadar kalium (potasium) yang rendah, para peneliti menjelaskan.

Wanita hamil kedua, yang mengkonsumsi lebih dari 7 liter cola sehari selama 10 bulan, mempunyai kadar potasium yang rendah dan menderita peningkatan kelemahan otot.

Kedua pasien tersebut mengalami kesembuhan cepat dan penuh setelah mereka berhenti meminum cola dan diberi terapi potasium oral atau suntikan. Studi kasus ini dipublikasikan pada Juni dalam International Journal of Clinical Practice.

 “Kami mengkonsumsi lebih banyak soft drink dari sebelumnya, dan sejumlah isu kesehatan telah diidentifikasi meliputi masalah gigi, demineralisasi tulang, dan terjadinya sindrom metabolik dan diabetes.” Dan terdapat peningkatan bukti bahwa konsumsi cola berlebihan akan menyebabkan hipokalemi, Dr. Moses Elisaf, Universitas Ioannina, mengatakan.

Elisaf mengatakan tiga bahan utama dalam cola – glukosa, fruktosa dan kafein – dapat menyebabkan hipokalemi.

Peran individu dari tiap bahan-bahan ini terkait patofisiologi cola menyebabkan hipokalemi belum diketahui dan mungkin bervariasi pada tiap-tiap individu,” kata Elisaf. “Namun, pada banyak kasus kami melihat dari penelitian kami, intoksikasi kafein diperkirakan mempunyai peran yang paling penting. Hal ini diketahui dari penelitian pada kasus yang fokus pada produk lain yang mengandung kadar kafein yang tinggi tetapi tanpa glukosa atau fruktosa.”

Namun, “produk cola bebas kafein dapat juga menyebabkan hipokalemi karena kandungan fruktosa dapat menyebabkan diare.” Kata Elisaf

 

SOURCE: International Journal of Clinical Practice, news release, May 19, 2009

Satu Tanggapan to “Terlalu Banyak Cola dapat Menyebabkan Masalah Otot”

  1. iba Says:

    saya,penderita hipokalemi tanpa sebab…
    sudah 5 kali masuk rumah sakit,dan selalu saja tidak diketemukan penyebabnya atau jenisnya….
    saya bingung untuk menanggulanginya…

    saya laki-laki 23 thn…..

    mohon bantuannya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: