TV Khusus Film, Sinetron dan Tayangan Berkualitas Tinggi Karya Anak Negeri

“Mungkin nggak ya Indonesia bisa menjadi negara yang bisa menghasilkan produk-produk  film dan sinetron  yang menjadi trendseter dunia?” pertanyaan ini mungkin lebih seperti mimpi.

Seandainya ada stasiun TV yang berani mengkhususkan  diri hanya menayangkan tayangan-tayangan film-film dan sinetron-sinetron yang berkualita karya anak negeri tanpa khawatir rattingnya rendah, mungkin ada secercah harapan bahwa dikemudian hari Indonesia akan menjadi seperti itu.

Dari sekian banyak stasiun TV baik yang nasional maupun lokal, tidak ada satu pun yang menayangkan produk2 senimatografi baik itu sinetron maupun film mungkin juga teater yang berkualitas tinggi karya anak negeri. Selalu saja jam2 tayang utama dipenuhi acara-acara sinetron yang kita semua tahu bagaimana kualitasnya.  Bahkan, ada stasiun TV yang sepertinya prosentase tayangan sinetronnya  jauh lebih besar dibandingkan  tayangan2 yang berkualitas. Mereka, stasiun2 TV itu, hanya mengejar rating yang tinggi tanpa melihat bahwa kualitas tayangan tsb rendah. Yang menggelikan tayangan2 yang beratting tinggi yang notabene kualitas nol itu akan berbondong2 ditiru dengan membabi buta oleh stasiun TV lain tanpa malu-malu. Ini menjadi gambaran bahwa negara kita masih rendah daya kreatifitasnya. Padahal saya yakin bahwa negara kita dipenuhi orang2 cerdas dan kreatif, hanya tidak mempunyai cukup tempat untuk berekspresi. Adanya tempat dan ruang berekspresi  yang bebas dari pembungkaman  (sekarang oleh ratting) akan membuat manusia menjadi lebih kreatif dan berkualitas.

Belajar dari metro TV dan TV One yang berani melawan arus trend tayangan2 sinetron yang selalu mengandalkan adegan2  yang kacau dan runyam dan berani memilih menjadi TV yang menspesialisasikan diri menjadi TV berita, dan ternyata mereka tetap eksis dan malah mendapat tempat yang istimewa di hati dan pikiran rakyat Indonesia yang ternyata memang cerdas, tidak seperti yang dikira oleh para pembuat sinetron, maka saya berharap ada stasiun TV yang mengkhususkan diri pada tayangan2 fiksi yang berkualitas karya anak negeri. Saya rasa banyak di negeri ini orang-orang kreatif yang bingung mencari tempat untuk mempublikasikan hasil karyanya, dan adanya ruang ekspresi yang bebas adalah syarat mutlak lahirnya kreatifitas. Kalau kreatifitas masih terus dibungkam, bukan lagi oleh regim penguasa tetapi  oleh ratting, tentu nasib negeri ini tidak akan jauh beda dengan nasibnya di masa lalu yang selalu kalah dengan dunia barat bahkan sekarang mungkin juga kalah dengan negara tetangga.

Pesan saya kepada stasiun2 TV, jangan takut tidak mendapatkan iklan dari tayangan2 berkualitas tinggi, jika anda mengkhususkan diri menjadi TV yang menayangkan tayangan-tayangan berkualitas tinggi, anda akan tetap mendapatkan iklan karena segmen pasar anda menjadi jelas dan di indonesia segmen pasar yang menantikan TV berkualitas saya seratus persen yakin cukup tinggi dan ingat bahwa tayangan-tayangan berkualitas tinggi bisa diekspor dan mempunyai immortal value.

Selamat mencoba!

Ditulis dalam opini. Tag: , , , . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: