Gelombang Suara untuk Terapi Kanker Prostat dengan Efek Samping Lebih Kecil

prostate-cancerSuatu terapi experimental untuk kanker prostat dapat mengobati tanpa pembedahan dan menawarkan efek samping yang lebih kecil menurut hasil penelitian di UK yang dipublikasikan di the British Journal of Cancer hari rabu.

Satu kelompok laki-laki sebanyak 172 orang dengan kanker prostat yang tidak mengalami penyebaran diterapi dalam keadaan anestesi umum dengan High-Intensity-Focused Ultrasound (HIFU)- yang menggunakan gelombang suara untuk membunuh sel-sel kanker. Percobaan ini diadakan di dua tempat University College Hospital di London dan Princess Grace Hospital, juga di London

Orang-orang yang ikut serta dalam percobaan ini  dihentikan rata-rata 5 jam setelah menerima terapi HIFU. Orang-orang dengan kanker prostat biasanya diterapi dengan baik pembedahan maupun radioterapi. Pembedahan biasanya memerlukan dua atau tiga hari perawatan rumah sakit dan radioterapi memerlukan terapi tiap hari tanpa dirawat di rumah sakit selama lebih dari satu bulan.

Pada grup permulaan, 159 orang difollow up satu tahun  kemudian dan 92 % tidak mengalami kekambuhan  kanker prostat. Meskipun ini bukanlah studi komparatif, diketahui bahwa terapi kanker prostat dini dengan pembedahan atau radioterapi akan menunjukkan persentase yang sama.

Kurang dari 1%- satu orang dari 159 yang difollow up- mengalami inkontinensia (sulit kencing). Dan 30-40% mengalami impotensi. Tak satu pun  mendapatkan masalah usus besar.

Satu tahun follow up terhadap pasien yang diterapi dengan pembedahan atau radioterapi terdapat 5-20% pasien yang mengalami inkontinensia dan setengahnya mengalami impotensi. Radioterapi dapat juga menyebabkan efek samping seperti diare, nyeri dan perdarahan pada 5-20% orang yang diterapi.

Dr Hashim Ahmed dari divisi UCL ilmu Bedah dan Intervensi, yang melakukan percobaan ini, mengatakan: “penelitian ini menunjukkan bahwa dimungkinkan HIFU suatu hari akan berperan dalam terapi orang dengan kanker prostat dini dengan efek samping lebih sedikit. Tetapi kita belum yakin bahwa HIFU lebih efektif dibandingkan dengan terapi pembedahan atau radioterapi sehingga akan menjadi penting untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan melibatkan lebih banyak pasien yang difollow up delam periode yang lebih lama untuk benar-benar diketahui efektifitas jangka panjang terapi ini.

High-Intensity-Focused-Ultrasound atau HIFU menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk memanaskan sejumlah kecil jaringan target secara akurat pada temperatur 80-90°C. gelombang ini dapat digunakan untuk menerapi seluruh prostat, seperti pada penelitian ini, atau hanya area kaker saja.

Profesor Peter Johnson, kepala klinisi pada Cancer Research UK, mengatakan, ” teknik ini memerlukan evaluasi yang hati-hati untuk memastikan bahwa terapi ini dapat memberikan hasil yang sama dengan terapi yang telah terbukti untuk kanker prostat dini. Jika terapi ini dapat dibuktikan mempunyai efek samping yang lebih kecil, ini akan menjadi berita hebat, tetapi lebih banyak penelitian diperlukan untuk membuktikannya. Cancer Research UK sedang mendanai suatu percobaan untuk menjawab pertanyaan ini dan kita mengharapkan bahwa penelitian-penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk membandingkan HIFU dengan terapi standar.”

Sumber: http://www.medicalnewstoday.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: