Kafein dapat Melawan Kehilangan Memori pada Penderita Alzheimer

alzheimerSebuah penelitian baru menunjukkan kafein melawan kehilangan memori pada tikus yang sengaja dibiakkan menderita penyakit Alzheimer dan mengurangi kadar protein beta-amyloid di dalam darah dan otak. Bercak-bercak yang mengandung protein beta amyloid ditemukan pada otak penderita penyakit Alzeimer

“Penemuan baru ini memberikan bukti bahwa kafein dapat menjadi suatu terapi yang bisa digunakan untuk pengobatan penyakit Alzheimer,” kata peneliti Gary Arendash, PhD, seorang ilmuwan bidang saraf di University of South Florida.”itu penting karena kafein adalah obat yang aman untuk kebanyakan orang, mudah masuk ke otak, dan tampaknya berefek langsung pada proses penyakit.”

Kafein mengurangi kehilangan memori

Dalam penelitian, tikus yang dibiakkan dengan kondisi mengalami gejala penyakit Alzheimer diberi 500 miligram kafein (setara dengan 5 cangkir kopi) pada minuman harian mereka ketika mereka mulai mengalami masalah memori pada usia 18-19 bulan, setara dengan umur 70 tahun manusia.

Setelah dua bulan, tikus yang minum air berkafein itu menjadi jauh lebih baik pada tes memori dan skill berpikir -ke level yang sama dengan tikus normal pada usia yang sama. Mereka yang diberi minum air biasa tetap jelek dalam tes ini.penelitian juga menunjukkan bahwa otak pada tikus yang minum kafein mengalami penurunan kadar beta amyloid mendekati 50%.

Para peneliti juga memperhatikan terapi kafein jangka panjang pada tikus normal. Dengan 10 bulan terapi kafein, tidak ada perbaikan dalam memori dan kemampuan berpikir.

Berdasar pada penemuan ini, yang dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer’s Disease, Arendash dan kolega mengatakan bahwa mereka merencakan memulai percobaan pada manusia untuk melihat apakah kafein dapat menguntungkan bagi orang dengan tanda-tanda dini penyakit Alzheimer

Sumber: Arendash. G. Journal of Alzheimer’s Disease, July 2009; vol 17: pp 661-680. News release, University of South Florida.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: