Obat Penurun Berat Badan Baru yang Menjanjikan

contravePerusahaan pembuat obat dari San Diego, Orexigen Therapeutics, melaporkan bahwa obat obesitas baru mereka, Contrave, sangat menjanjikan. Tidak hanya obat tersebut benar-benar memberikan tujuan utama dalam tiga perbedaan terapi kondisi klinis grade akhir, tetapi juga melampaui keefektifitasan yang memuaskan yang disyaratkan FDA (Food and Drug Administration).

Sekitar 50 % pasien yang menggunakan Contrave menunjukkan turunnya berat badan mereka rata-rata 5% selama 1 tahun. Perusahaan mengatakan bahwa Contrave juga menenangkan keinginan untuk makan, menyebabkan pasien mempunyai kontrol yang lebih baik terhadap pola makannya.

Selama percobaan, pasien-pasien yang menggunakan Contrave tersebut mengalami penurunan berat badan yang lebih besar secara signifikan. Dari pada mereka yang menerima plasebo. Di samping itu, Contrave mengurangi faktor-faktor resiko seperti lemak lingkar pinggang, sementara juga memperbaiki kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes.

Hasil dari dua percobaan menunjukkan 48 % dan 56,3 % pasien yang menggunakan Contrave mengalami pengurangan berat badan 5% atau lebih dibandingkan hanya 16,4 % dan 17,1 % pada pasien yang menggunakan plasebo. Rata-rata pengurangan berat badan mereka yang menggunakan Contrave adalah 17,6 pons dan 17,5 pons (8,1% dan 8,2%). Partisipan pada dua percobaan ini adalah sebanyak 1.742 pasien dan 1.496 pasien, dan tiap percobaan lamanya 56 minggu. Tak satu pun pasien tersebut mengalami Diabetes. Penemuan ini mengungguli pedoman test FDA yang memerlukan minimal sepertiga pasien berkurang berat badannya  setidaknya 5%, dan setidaknya dua kali jumlah pasien harus mencapai 5% tujuan dibandingkan dengan pasien yang memakai plasebo.

Percobaan ketiga yang meliputi 505 pasien diabetes tipe 2, menghasilkan 44,5 % pasien yang menggunakan Contrave mengalami pengurangan berat badan setidaknya 5% selama 56 minggu, dibandingkan dengan hanya 18,9% pasien yang menerima plasebo. Di samping itu, pasien dengan Contrave mengalami penurunan kadar gula darah 0,6% dibandingkan hanya 0,1% pasien dengan plasebo. Rata-rata pengurangan berat badan pada percobaan ini 13,5 pons (5,9%) pada pasien dengan Contrave dibandingkan hanya 5,1 pons (2,2%) pasien dengan plasebo.

Menurut Mike Narachi, CEO Orexigen, Contrave merupakan obat kombinasi yang “bertarget perilaku dan suatu jalur di otak”. Obat ini mengkombinasikan antidepresan Wellbutrin (bupropion) dengan naltexone, suatu opioid blocker yang digunakan untuk menerapi alkoholisme dan ketergantungan opiate. Contrave dibuat dalam tiga dosis yang berbeda. Selain Contrave32, Contrave16 berisi dosis rendah naltrexone dan Contrave48 berisi dosis obat yang lebih tinggi. Pada Contrave dosis rendah, 39,5 % pasien mengalami pengurangan berat badan paling sedikit 5%, namun Orexigen tidak akan mengejar pengembangan dosis yang lebih tinggi, selama tidak menunjukkan peningkatan efektifitas.

Orexigen melaporkan bahwa data menunjukkan bahwa Contrave aman. Selama percobaan, efek samping paling serius dialami oleh dua orang pasien, mengalami infeksi kandung kemih dan dua pasien mengalami kejang.  Hanya satu pasien dilaporkan mengalami palpitasi jantung, satu mengalami sirkulasi yang jelek pada tungkai dan satu mengalami vertigo.. efek samping paling sering adalah mual, sulit buang air besar dan sakit kepala.

Dr. Dennis Kim, asisten profesor kedokteran di University of California, San Diego dan senior vice president of medical affairs and communications at Orexigen menyatakan, “ini adalah obat pertama, yang saya tahu, menjawab isu ini.” Kim juga mengatakan,” kita telah benar-benar membersihkan halangan, patokan efektifitas, dan tentu penilaian FDA diperlukan untuk mengetahui keamanannya.” Orexigen merencanakan mendapatkan persetujuan FDA untuk Contrave pada pertengahan 2010.

Sumber : http://www.healthnews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: