Biomarker Dapat Memprediksi Osteoarthritis Berat

vcam-1Penelitian menemukan, mereka dengan kadar paling tinggi lebih cenderung untuk dilakukan penggantian sendi.

Kadar suatu protein tertentu dapat memprediksi resiko penggantian sndi pinggul dan lutut sebagai akibat osteoarthritis berat, seperti ditunjukkan dalam suatu penelitian baru.

Penelitian tersebut melibatkan 912 orang sehat di Italia, termasuk 60 orang yang menderita osteoarthritis berat yang menyebabkan penggantian sendi pinggul atau lutut antara 1990 dan 2005. Penelitian menemukan bahwa mereka yang mempunyai kadar tinggi vascular cell adhesion molecule 1 (VCAM-1) pada awal penelitian paling mungkin mengalami penggantian sendi. VCAM-1 mengekspresikan sel-sel di dalam jaringan tulang rawan dan jaringan ikat.

“Kadar VCAM-1 adalah merupakan pemprediksi yang cukup signifikan dalam mengetahui resiko penggantian sendi akibat OA berat, sama dengan atau bahkan melebihi pengaruh umur,” tulis Georg Schett, dari University of Erlangen-Nuremburg di Jerman, dan koleganya.

Mereka juga menemukan bahwa termasuk kadar VCAM-1 dalam model pemprediksi resiko menjadikan klasifikasi pasien menjadi lebih akurat.

Penelitian tersebut yang muncul pada issue of Arthritis & Rheumatism Agustus, adalah yang pertama yang menetapkan suatu biomarker laboratorium untuk resiko osteoarthritis berat, menurut latar belakang informasi dalam release baru jurnal tersebut. Biomarker tersebut dapat membawa ke diagnosa dini penyakit, sebelum gejala klinis muncul. Prediksi yang lebih baik untuk osteoarthritis berat, kata para ahli, dapat membantu identifikasi orang yang akan mendapatkan manfaat dari tindakan intervensi seperti pengurangan berat badan, latihan penguatan dan latihan aerobik.

Para peneliti mengatakan bahwa mempelajari lebih banyak tentang latar belakang mekanisme dalam hubungan antara VCAM-1 dan osteoathritis dapat juga membantu memperbaiki pengetahuan tentang penyebab penyakit sendi.

Sumber: Arthritis & Rheumatism, news release, July 30, 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: