Makan Seafood Saat Hamil Dapat Meningkatkan Mood

omega3-seafood2Makan seafood yang kaya akan omega-3 dapat meningkatkan mood bagi wanita yang merasa depresi selama kehamilan, hasil penelitian pada wanita di Inggris.

Pada penelitian tersebut, Dr. Jean Golding di University of Bristol dan kolega menemukan suatu hubungan antara asupan rendah asam lemak omega-3 dari seafood dan suatu peningkatan resiko gejala depresi tingkat tinggi selama kehamilan.

Laporan penemuan ini terdapat dalam isu terakhir di journal Epidemiology.

Para peneliti meneliti 9960 wanita hamil. Pada kehamilan 32 minggu, wanita-wanita tersebut melengkapi suatu quisioner yang termasuk pertanyaan tentang mood dan jumlah seafood yang mereka makan tiap minggu selama 1991 dan 1992 – suatu periode ketika seafood menjadi sumber utama asam lemak omega-3 di Inggris.

Dibandingkan dengan wanita hamil yang memakan 3 atau lebih porsi seafood per minggu -equivalen dengan lebih dari 1,5 gram asam lemak omega-3 – mereka yang makan tanpa seafood sekitar 50% lebih mungkin melaporkan gejala depresi pada minggu 32 kehamilan, penelitian menemukan.

Hubungan antara intake rendah seafood dan lebih besarnya gejala depresi tetap kuat bahkan ketika tim Golding memperhitungkan bermacam-macam faktor yang mungkin mempengaruhi hasil.

Depresi selama kehamilan berbahaya baik bagi ibu maupun anak dalam kandungannya, Golding dan nkolega menekankan hal ini dalam laporannya. Meskipun umum di negara-negara barat, depresi tampak hampir tidak ada di negara-negara dimana orang banyak makan ikan.

Para peneliti mengharapkan investigasi lebih lanjut dalam hubungan antara intake seafood dan depresi pada kehamilan, terutama karena adanya rekomendasi bagi wanita hamil untuk membatasi konsumsi seafood karena kandungan merkurinya.

“Dimungkinkan,” mereka menulis, “bahwa pembatasan intake berdasrkan anjuran ini dapat meningkatkan resiko gejala depresi maternal selama kehamilan.”

Sumber: Epidemiology, July 2009

Satu Tanggapan to “Makan Seafood Saat Hamil Dapat Meningkatkan Mood”

  1. ngulik Says:

    hoo… mantabz.. baru tau..😳


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: