Demam Berdarah

Apakah Demam Berdarah itu?

Demam Dengue/dengue fever (DF) adalah sejenis penyakit yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk. Penyakit ini mrp penyakit akut yang muncul tiba2 yang biasanya ditandai dg gejala sakit kepala, demam, perasaan letih, nyeri sendi dan otot, dan bintik2 merah pada kulit. Adanya 3 gejala (dengue triad) adalah karakteristik dari penyakit ini, yaitu: sakit kepala, panas dan bintik2 merah pada kulit.

Demam berdarah (DBD)/Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)  adalah bentuk demam dengue yang lebih berat. Manifestasinya adalah, sakit kepala, demam, bintik2 merah pada kulit dan kejadian perdarahan. Bentuk perdarahannya bisa berupa petechiae (bercak merah atau ungu pada kulit), perdarahan dari hidung dan gusi, tinja berwarna hitam, dan kulit mudah memar. Bentuk demam dengue ini bisa mengancam hidup dan berakhir fatal

Daerah manakah yang merupakan daerah banyak terjadi demam berdarah?

Demam berdarah byk terjadi di wilayah tropik dan subtropik. Byk terjadi di wilayah Asia tenggara dan cenderung meningkat. Malaysia, Indonesia, Singapura, Vietnam mempunyai prevalensi tinggi thd penyakit ini. Menurut WHO, ada 50 juta kasus dengue fever dan 50.000 kasus dengue hemorrhagic fever yang dirawat di RS setiap tahunnya. Hampir 40% dari penduduk yang tinggal di wilayah endemik.

Bagaimana seseorang bisa terkena dengue?

Virus dengue masuk melalui gigitan sejenis nyamuk yang disebut nyamuk Aedes aegypti yang sebelumnya telah menggigit seseorang yang terinfeksi. Nyamuk ini tumbuh subur selama musim hujan tetapi dapat berkembang biak di pot bunga yang terisi air, tas plastik atau kaleng sepanjang tahun. Satu gigitan nyamuk ini dapat menyebabkan sakit.

Virus ini tidak bisa menular langsung dari manusia ke manusia tetapi harus dari manusia ke nyamuk kemudian ke manusia lain.

Apakah gejala dan tanda dari dengue?

Setelah digigit oleh nyamuk yang membawa virus, masa inkubasi antara 3-15 hari (biasanya 5-8 hari) sebelum gejala dan tanda muncul. Dengue dimulai dengan rasa kedinginan, sakit kepala, nyeri saat menggerakkan mata dan nyeri punggung bagian bawah. Nyeri pada kaki dan sendi terjadi pada jam2 pertama sakit. Suhu tubuh naik dengan cepat sampai 40° C dengan penurunan denyut jantung relatif dan penurunan tekanan darah. Mata menjadi lebih merah dan kelenjar limfe di leher kadang2 membengkak. Demam dan gejala lain dari dengue terjadi 2-4 hari, kemudian diikuti penurunan suhu yang cepat dan banyak berkeringat. Periode penurunan suhu dan perasaan membaik terjadi sekitar 1 hari kemudian diikuti kenaikan suhu yang kedua. Bintik2 merah khas terjadi selama panas dan menyebar dari mulai tangan dan kaki ke seluruh tubuh kecuali wajah. Telapak tangan dan kaki tampak merah cerah dan mkn membengkak.

Bagaimana pengobatan demam dengue?

Karena dengue disebabkan oleh virus, maka tidak ada obat atau antibiotik khusus untuk mengobatinya. Untuk dengue pengobatan hanya dilakukan untuk menghilangkan gejala. Istirahat dan masukan cairan yg cukup sangatlah penting.  Aspirin dan obat2 penghilang rasa nyeri (NSAID) sebaiknya dihindari. Asetaminofen dan kodein dapat diberikan untuk menghilangkan sakit kepala serta nyeri sendi dan otot yang berat.

Apa akibat dari dengue fever?

Dengue fever tidak barakibat kematian. Hanya 1% kasus yang berakibat fatal. Fase akut dari penyakit ini dengan panas dan nyeri otot antara 1-2 minggu. Masa penyembuhan disertai dengan perasaan lemah dan penyembuhan total bisa sampai beberapa minggu.

Apakah Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) itu?

DHF adalah sindrom yang cenderung dialami anak di bawah umur 10 tahun yang ditandai dengan nyeri perut, perdarahan dan syok.   DHF sering juga disebut Dengue Shock Syndrome.

DHF terjadi secara mendadak dg ditandai panas tinggi terus menerus dan sakit kepala. Terdapat gejala pernafasan dan pencernaan berupa nyeri tenggorokan, batuk, mual, muntah dan nyeri perut. Syok terjadi setelah 2-6 hari munculnya gejala, dengan tidak sadar tiba2, dingin, kaki dan tangan lembab (badan sering teraba hangat), nadi lemah dan sekitar mulut kebiruan. Pada DHF terdapat perdarahan dimana mudah terjadi memar, bintik2 atau bercak2 merah pada kulit, muntah darah, darah dalam kotoran, gusi berdarah dan darah dari hidung atau mimisan. Pneumonia (radang paru) dan radang jantung mungkin juga terjadi.

Pasien dengan DHF harus dimonitor secara ketat pada hari2 pertama karena syok dapat terjadi atau sembuh dengan cepat. Pasien dengan kebiruan di sekitar mulut diberikan oksigen. Pasien dengan syok memerlukan penggantian cairan segera. Transfusi darah kadang2 diperlukan untuk mengontrol perdarahan.

Angka kematian dari DHF cukup tinggi, antara 6%-30%. kematian sering terjadi pada anak2. Bayi di bawah satu tahun yang terkena DHF berisiko tinggi mengalami kematian.

Bagaimana Mencegah Dengue?

Masuknya virus kedalam tubuh nyamuk harus diputus. Ini dilakukan dengan cara pasien yang menderita dengue harus di beri jaring anti nyamuk sehingga tidak tergigit oleh nyamuk sampai demam yang kedua hilang dan tidak lagi terinfeksi virus.

Selain itu harus dilakukan pembasmian nyamuk yang membawa virus. Di negara2 yang mengalami wabah dengue, masyarakatnya digalakkan untuk mengosongkan air yang menggenang pada ban2 bekas, kaleng2 bekas dan pot2 bunga. Inisiatif pemerintah untuk menurunkan populasi nyamuk juga dimaksudkan utk mengontrol penyakit ini tapi masih kurang efektif.

Menggunakan celana panjang dan lengan panjang, untuk perlindungan perseorangan, menggunakan spray penolak serangga ketika mengunjungi tempat2 endemi dianjurkan. Membatasi kontak dengan nyamuk dengan menghindari tempat genangan air dan tetap di dalam rumah sekitar 2 jam setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam akan membantu. Nyamuk Aedes aegypti  menggigit sepanjang hari dengan puncaknya sekitar matahari terbit dan matahari terbenam tetapi dapat manggigit setiap saat pada siang hari dan bisa bersembunyi di dalam rumah atau hunian lainnya terutama daerah urban.

Saat ini belum ada vaksin untuk dengue fever. Sudah ada vaksin dalam eksperimen di klinik tapi terlalu dini untuk disampaikan.

Satu Tanggapan to “Demam Berdarah”

  1. eric Says:

    salam kenal dr. widiantopanca.
    saya ERIC, mau numpang nanya nih, mdh2an kebaca n smpt ngebls di wkt luangnya. Dngr2 nih ktny utk PPDS syarat umur ga trlalu ketat. Terutama utk calon perseorangan. Apa benar? Mslhnya banyak yg hrs dipersiapkan, trutm ya yg 1 itu, DANA. Tlg dong info nya kalau utk OBGYN dan INTERNA FK UNPAD, UI n UNS syarat IPK profesi dan UMUR berapa?
    Mksh bngt y doc atas jwbnnya. Sedikit comment soal tampilan website-nya: It’s OK. Cuma fotonya kurang jelas. Yang plg penting, isinya informatif. Tampilan sih nomor kesekian. OK doc. SEMOGA SUKSES ya!!!!!

    “salam kenal juga dr Eric.. sepertinya saya kesulitan mendapatkan infonya. saya berharap sekali teman2 yang punya info2 seputar PPDS berkenan untuk memberikan infonya.. mudah2an dengan info-info dari teman2 bisa bertambah lengkap info2 tentang PPDS disini. Trimakasih ya saran dan kritiknya.. Good Luck!!”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: