Kanker

Apakah kanker itu?

Kanker adalah istilah yang digunakan untuk penyakit dimana terjadi pembelahan sel-sel abnormal yang tak terkendali dan mampu menginvasi jaringan tubuh lainnya. Sel-sel kanker dapat menyebar ke bagian lain tubuh melalui sistem peredaran darah dan sistem getah bening.

Kanker bukanlah satu penyakit tetapi banyak penyakit. Terdapat lebih dari 100 tipe kanker yang berbeda. Kebanyakan kanker diberi nama berdasarkan organ atau tipe sel tempat awal tumbuhnya, sebagai contoh, kanker yang dimulai di kolon disebut kanker kolon, kanker yang dimulai di sel basal kulit disebut karsinoma sel basal.

Apa sajakah tipe-tipe kanker?

Tipe-tipe kanker dapat dikelompokkan ke dalam kategori yang lebih luas. Kategori utama kanker meliputi:

  • Carcinoma : kanker yang mulai di kulit atau jaringan yang membatasi atau menutupi organ dalam
  • Sarcoma : kanker yang mulai di tulang, tulang rawan, lemak, otot, pembuluh darah, atau jaringan ikat atau jaringan penunjang lain.
  • Leukemia : kanker yang mulai di jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang dan menyebabkan produksi sejumlah besar sel-sel darah abnormal dan masuk dalam peredaran darah.
  • Lymphoma dan myeloma : kanker yang mulai di sel-sel sistem imun
  • Kanker sistem saraf pusat : kanker yang mulai di jaringan otak dan medula spinalis.

Bagaimana asal kanker?

Semua kanker dimulai di sel-sel, unit hidup paling dasar  dari tubuh. Untuk memahami kanker, perlu mengetahui apa yang terjadi jika sel-sel normal menjadi sel-sel kanker.

Tubuh dibentuk dari banyak tipe sel. Sel-sel ini tumbuh dan membelah secara terkendali untuk menghasilkan sel lebih banyak lagi sesuai yang dibutuhkan untuk mempertahankan tubuh tetap sehat. Ketika sel menjadi tua atau rusak, mereka mati dan digantikan oleh sel-sel baru.

Namun, kadang-kadang proses tersebut tidak berjalan semestinya. Material genetik (DNA) sel dapat menjadi rusak atau berubah, menyebabkan mutasi yang mempengaruhi pertumbuhan dan pembelahan sel normal. Ketika ini terjadi, sel tidak mati seperti seharusnya dan sel-sel baru dibentuk sementara tubuh tidak memerlukannya. Sel-sel ekstra ini dapat membentuk suatu massa jaringan yang disebut tumor.

Tidak semua tumor bersifat kanker, tumor bisa jinak atau ganas.

  • Tumor jinak (benigna) tidak bersifat kanker. Mereka sering dapat dibuang dan pada kebanyakan kasus, mereka tidak muncul kembali. Sel-sel pada tumor jinak tidak menyebar ke bagian lain tubuh.
  • Tumor ganas (maligna) bersifat kanker. Sel-sel pada tumor ini dapat menginvasi jaringan didekatnya dan menyebar ke bagian lain tubuh. Penyebaran kanker dari satu bagian tubuh ke bagian lainnya disebut metastase.

Beberapa kanker tidak membentuk tumor. Misalnya, leukemia adalah suatu kanker sumsum tulang dan darah.

Berapa banyak orang menderita kanker tiap tahun?

Laporan baru dari organisasi kanker di AS menunjukkan angka kematian kanker menurun rata-rata 2,1% per tahun dari 2002 sampai 2004, hampir dua kali penurunan tahunan 1,1% dari tahun 1993 sampai 2002.

Perkiraan jumlah kasus baru dan kematian akibat kanker di USA tahun 2008 :

  • Kasus baru : 1.437.180 (tidak termasuk kanker kulit non melanoma)
  • Kematian : 565.650

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: