DIET

MACAM-MACAM  PROGRAM DIET

Sekilas tentang Diet

Kalori adalah kalori. Makan banyak akan menambah berat badan, makan lebih sedikit akan menurunkan berat badan. Tetapi, banyak yang percaya bahwa diet tidak sekedar sama dengan urusan kalori, yang disebut juga cara baru dan telah dikembangkan  menurunkan berat badan yang sekarang makin menjamur dan populer. Amerika menghabiskan sekitar 42 milyar dolar setahun untuk produk2 dan pelayanan diet. Dengan begitu banyak uang yang dipertaruhkan, tidak aneh jika ada banyak program diet dan produk2 penurun berat badan di pasaran yang hanya main2 saja (“fad” diet)

Adanya banyak pilihan program diet membuat sulit untuk menentukan mana yg bisa dipercaya. Untuk alasan ini,The Partnership for Healthy Weight Managementtelah membuat sebuah pedoman untuk para penyedia produk dan pelayanan diet. Berdasarkan pedoman tersebut, penurunan berat badan yang efektif meliputi:

1. Perubahan perilaku, yang meliputi:

a. intervensi diet, meliputi:

  • makan yang sehat berdasarkan Dietary Guidelines for Americans
  • pengurangan kalori
  • konsumsi rendah lemak
  • peningkatan konsumsi buah, sayuran dan biji2an

b. aktifitas fisik

  • peningkatan frekuensi
  • paling tidak intensitas moderat

2. Interfensi medis, farmakologis dan bedah

  • Mungkin diperlukan untuk orang dengan kasus yang berat atau obesitas
  • Harus digunakan bersamaan dengan metode perubahan perilaku, diet dan aktifitas.

Penting untuk mencari sebuah program yang mempunyai strategi untuk mempertahankan hasil penurunan berat badan. Tidak ada yang lebih buruk daripada berat badan kembali seperti semula setelah kerja keras  disertai kesabaran yang anda lakukan.

Kebanyakan program diet yang populer adalah “fad” diet. “fad” diet adalah  program diet yang dengan semangt berlebih2an menjanjikan penurunan berat badan yang memuaskan dalam komitmen waktu yang cepat. Padahal sukses diet yang hasilnya bertahan lama adalah program diet yang memerlukan perubahan permanen dari perilaku, diet dan aktifitas.

Berikut ini adalah cara untuk menandai “fad” diet:

  • mengklaim penurunan berat badan yang cepat
  • klaim yang “sound too good to be true “
  • makanan dibagi menjadi baik dan buruk
  • kurang dari 1.000 kalori perhari
  • membutuhkan suplemen atau produk diet tertentu
  • menghilangkan salah satu atau lebih kelompok makanan utama (biji2an, lemak, daging, susu, buah dan sayur)
  • beberapa “fad” diet menyatakan bahwa ada riset yang mendukung klaimnya, tetapi sebenarnya penelitian tersebut hanya melibatkan sedikit sampel atau bahkan sama sekali tidak ada penelitiannya.
  • menghilangkan salah satu atau lebih nutrisi penting (karbohidrat, lemak, protein)
  • tidak perlu aktifitas fisik
  • program itu dibuat oleh orang yang tidak mempunyai keahlian di bidang manajemen berat badan

Berikut ini adalah beberapa macam program diet yang populer. Masing2 akan dibahas keuntungan dan kerugiannya. Kebanyakan program menekankan pada pembatasan salah satu jenis nutrisi sebagai dasar utama programnya. Kelompok makanan yang lain ada yang dibatasi ada yang tidak tergantung masing2 program. Penurunan berat badan  tidak mungkin tanpa pembatasan kalori sehingga program diet harus menyediakan lebih sedikit kalori dari yang anda perlukan untuk mempertahankan berat anda. Beberapa program diet yang populer akan dirangkum di bawah ini untuk membantu anda mempelajari keamanan dan keefektifannya.

The Atkins Diet

The Pritikin Principle

The Zone Diet

The South Beach Diet

Ornish Diet

Jenny Craig

Nutri System Advanced

Weight Watchers

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: