The Atkins Diet

Teori Rencana Diet

Diet Atkins adalah salah satu “fad” diet yang paling terkenal. Ini merupakan program diet dengan tinggi protein, tinggi lemak dan rendah karbohidrat. Program ini telah berjalan beberapa dekade dan telah mengalami banyak revisi. Program sebelumnya mengijinkan konsumsi daging, keju dan telur tanpa dibatasi sementara karbohidrat, meliputi gula, roti, pasta, susu, buah dan sayuran, dibatasi dengan ketat.

Web site Diet Atkins menyatakan progaram terkininya “adalah tentang memakan makanan yang sehat dan lezat sehingga tampak sebagai program diet yang lebih baik dibandingkan dengan “fad” diet lainnya. Anda makan bermacam2 makanan favorit anda, protein tak berlemak, sayuran berwarna hijau, kacang, buah2an, dan semua biji2an.”

Program ini didasarkan pada teori bahwa makan karbohidrat akan menyebabkan produksi insulin, suatu hormon yang dihasilkan oleh pankreas, yang menyebabkan peningkatan berat badan dan rasa lapar. Melalui pendekatan ini, peserta diet akan mengalami penurunan nafsu makan dan tubuh akan menggunakan simpanan lemak untuk tenaga daripada menggunakan glukosa yang berasal dari karbohidrat. Pembakaran lemak untuk energi diharapkan akan menurunkan berat badan.

Kebaikan

Kebanyakan versi terbaru diet Atkins betul2 merupakan program yang seimbang secara nutrisi. Untuk pertama kalinya, diet Atkins memberi penekanan pada jenis2 lemak yang boleh dikonsumsi daripada membolehkan semua jenis lemak. lemak monounsaturated dan polyunsaturated (lemak tidak jenuh) sekarang lebih ditekankan daripada lemak saturated (lemak jenuh) dan trans fat. Program juga telah berubah dengan membolehkan “karbohidrat baik” daripada membatasi dengan ketat semua karbohidrat. Program ini menjadi program yang cukup serat, vitamin dan mineral. Jumlah protein yang tinggi akan memberi keuntungan tetap merasa kenyang. Riset telah jelas menyatakan bahwa protein mempunyai pengaruh positif dalam meningkatkan perasaan puas, dalam artian anda akan merasa kenyang antara 2 waktu makan.

Kejelekan

Diet Atkins telah mengalami banyak revisi selama beberapa tahun, meskipun tidak pernah ada pengakuan kekurangan dri program dietnya. Sampai saat ini masih belum ada riset tentang keamanan dan manfaat dari Diet Atkins ini. Penelitian dalam jangka pendek menunjukkan adanya penurunan kolesterol dan gula darah dan penurunan berat badan pada 3-6 bulan pertama dibandingkan dengan diet kontrol. Sayangnya penurunan berat badan tidak terus menerus sampai satu tahun dan perbaikan yang terjadi disebabkan oleh penurunan berat badan bukan diet sesungguhnya. Saat ini tidak diketahui dengan pasti keamanan dari diet rendah karbohidrat tinggi protein dalam jangka panjang. Pada tahun 2007 rating program diet yang dilakukan oleh Consumer Reports menempatkan diet Atkins di tempat terbawah.

Terdapat 4 fase pada program ini. Fase yang pertama secara ketat membatasi karbohidrat. Fase induksi lamanya 2 minggu  dan program ini mengklaim akan berhasil menurunkan 15 pons dalam waktu ini.  Selama fase ini, anda hanya mengkonsumsi tidak lebih dari 20 gram perhari. Sebagai contoh, sepotong roti tawar mengandung 15 gram karbohidrat, satu kali sajian buah 15 gram karbohidrat, satu kali minum susu 12 gram karbohidrat, dan satu kali sajian sayuran mengandung 5-15 gram karbohidrat. Sangat jelas bahwa 20 gram karbohidrat sangatlah terbatas, potensial tidak sehat dan akan sangat sulit diikuti dalam jangka panjang.

Web site Atkins menyatakan “Tergantung pada berapa banyak berat badan anda yang hilang, anda dapat secara aman melanjutkan fase induksi selama tiga syarat ini terpenuhi:

  • Kimia darah, nilai lipid, tekanan darah, kadar gula darah terus membaik atau tetap stabil dan berada dalam batas normal. (anda harus mengunjungi dokter anda untuk melakukan test2 ini)
  • Anda merasa sehat dan mengalami level energi yang tinggi, pola tidur normal dan mood yang stabil.
  • Anda tidak bosan. Kebosanan akan membuat anda curang dan meruntuhkan usaha anda.

Kebanyakan orang yang mengikuti program diet ini tidak dibawah pengawasan dokter, dan bisa menjadi situasi buruk bagi mereka.

Satu2nya hal dalam fase induksi yang tampak menguntungkan adalah penurunan berat badan yang cepat dimana hal ini tidak didapakan terus menerus dan tidak sehat. Penurunan berat badan yang cepat tidak berarti sama dengan penurunan berat badan yang sehat. Program2 diet yang menekankan pada penurunan berat badan yang cepat dan mudah sebaiknya membuat kita ingat dengan peringatan ini. Pedoman yang telah jelas adalah kehilangan berat badan yang aman dan sehat adalah sebesar antara 1-2 pons per minggu setelah beberapa minggu. Diet Atkins menyatakan bahwa “anda akan kehilangan hanya lemak tubuh dengan makan seperti biasa, mendapatkan kalori yang cukup dan mempertahankan kadar insulin anda tetap rendah. Tidak ada satu pun cara hanya menurunkan lemak tubuh ketika menurunkan berat badan. Setiap pons yang anda dapatkan dari mengkonsumsi kalori yang berlebihan adalah 75% lemak dan 25% otot dan setiap pons yang hilang dengan membuang 3500 kalori adalah rasio yang sama untuk lemak dan otot yang hilang. Klaim yang menyatakan anda hanya akan kehilangan lemak anda tidak didsarkan pada science, bertolak belakang dengan klaim diet atkins yang menyatakan berdasarkan pada science.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: