10 Tips Menghindari Insomnia

Apakah Insomnia itu?

Insomnia adalah suatu kondisi dimana anda mempunyai masalah dalam hal jatuh tidur atau tetap tertidur. Beberapa orang dengan insomnia mungkin bisa dengan mudah jatuh tidur tetapi terbangun terlalu cepat. Beberapa yang lain mempunyai masalah sebaliknya, atau bermasalah dengan keduanya, baik jatuh tidur maupun tetap tertidur. Akibatnya, tidur menjadi kurang berkualitas dan saat bangun tidak merasa bugar.

Berikut ini adalah 10 tips untuk membantu mengatasi insomnia dan memaksimalkan tidur malam yang sehat

tips 1

Pertahankan tempat tidur tetap bebas dari kekusutan dan kekacauan. Pastikan anda mempunyai ranjang dan kasur yang benar sesuai dengan kebutuhan anda. Kasur yang salah mungkin dapat menyebabkan masalah otot dan gangguan tidur.

tips 2

Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan sex. Jangan gunakan tempat tidur untuk menonton TV, makan, kerja atau aktifitas lain. Jika anda termasuk salah satu orang yang senang membaca sebelum tidur, bacalah buku yang menyenangkan di tempat tidur.

tips 3

Terapist sering menggunakan teknik “rekondisi” sebagai bagian dari rencana terapi insomnia. Dengan metode ini, orang direkondisikan untuk mengasosiasikan tempat tidur dengan tidur. Jika anda mendapatkan diri anda tidak bisa tidur sama sekali, pergi dari tempat tidur dan pindahlah ke ruangan lain, sehingga anda hanya mengasosiasikan tempat tidur dengan tidur tidak dengan keletihan.

tips 4

Tetapkan sebuah siklus tidur-bangun yang teratur. Tubuh anda akan belajar membuat jam internal untuk dirinya sendiri dan akan merespon jadwal anda dan akhirnya terjadi respon internal thd isyarat untuk tidur sesuai dengan waktu yang anda tetapkan dan bangun juga sesuai dengan yang anda tetapkan. Cara terbaik untuk memulai hal ini adalah dengan bangun pada jam yang sama setiap pagi meskipun pada hari minggu.

tips 5

Semenggiurkan apapun itu, tidur siang dapat menyebabkan jatuh tidur pada malam hari menjadi lebih sulit. Tidur ekstra pada saat weekend juga dapat merusak jadwal tidur anda dan memperburuk insomnia pada pertengahan minggu.

tips 6

Batasi konsumsi kafein anda pada sore dan malam hari. Ingat bahwa makan coklat, minum cocoa atau cola merupakan sumber kafein.

tips 7

Jangan minim minuman beralkohol beberapa jam sebelum tidur. Alkohol dalam jumlah berlebihan pada suatu waktu di siang hari juga dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan tidur yang tidak memuaskan. Merokok juga dapat memperburuk insomnia.

tips 8

Lakukan latihan/olahraga pada siang hari, tetapi jangan melakukan latihan yang terlalu berat sebelum waktu tidur.

tips 9

Makan banyak pada malam hari atau makan beberapa saat sebelum tidur juga dapat mengganggu tidur anda.

tips 10

Buatlah sebuah periode yang nyaman beberapa saat sebelum tidur. Cobalah untuk membebaskan pikiran anda dari kekacauan dan pikiran2 yang menyusahkan dan lakukan kegiatan yang rileks seperti membaca, mendengarkan musik atau menonton film yang menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: