Manfaat Latihan

Bagaimana jika seseorang mengatakan kepada anda bahwa lebih kurus, lebih sehat, dan hidup lebih lama telah ada dalam genggaman Anda? Sound too good to be true? Menurut banyak penelitian, latihan adalah peluru perak untuk menjalani kehidupan berkualitas.

Bukan saja rutin latihan membantu menurunkan berat badan, juga mengurangi risiko anda akan beberapa penyakit dan kondisi kronis. Mencari kegiatan yang Anda nikmati dan menjadi bagian dari rutinitas harian Anda adalah kunci hidup yang panjang dan sehat.

Daftar manfaat kesehatannya mengesankan, dan persyaratan yang diperlukan relatif mudah – cukup melakukannya.

Menangkal Penyakit

Penelitian telah mengkonfirmasi bahwa sejumlah latihan, pada setiap usia, adalah bermanfaat. Dan, pada umumnya, semakin banyak yang Anda lakukan, semakin besar keuntungannya. National Academy of Sciences merekomendasikan bahwa setiap orang berusaha total satu jam per hari untuk aktivitas fisik. Terdengar terlalu banyak, tetapi 1 jam itu dapat terdiri dari beberapa kegiatan singkat (dapat berjalan kaki, berkebun, bahkan bersih2 rumah) yang dilakukan sepanjang hari.

Aktifitas fisik adalah bagian penting dari setiap program pemurunan berat badan, untuk memaksimalkan hilangnya lemak sekaligus menjaga massa otot yang berharga. Tetapi latihan mempunyai banyak manfaat kesehatan dan panjang umur. Aktifitas fisik dapat membantu mencegah atau memperbaiki kondisi-kondisi ini:

1. Penyakit jantung. Aktivitas rutin memperkuat otot jantung Anda, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol “baik” (high-density lipoproteins atau HDLs) dan menurunkan kolesterol “buruk” (low-density lipoproteins atau LDLs); meningkatkan aliran darah dan membantu jantung Anda berfungsi lebih efisien . Semua manfaat tersebut dalam mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Peneliti di Universitas Duke menunjukkan bahwa jumlah aktivitas fisik, daripada intensitasnya, memiliki dampak terbesar pada peningkatan lipids darah (kolesterol). Menurut The New England Journal of Medicine, para peneliti juga menemukan bahwa latihan apapun adalah lebih baik daripada tidak – meskipun lebih banyak lebih baik.

2. Stroke. Pada analisis dari 23 penelitian, para peneliti menemukan bahwa menjadi aktif akan mengurangi risiko Anda memiliki dan meninggal karena stroke. Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Stroke, peserta yang aktif memiliki 20% risiko stroke lebih sedikit daripada peserta kurang aktif.

3. Diabetes tipe II. Penyakit ini meningkat pada tingkat waspada – 62% sejak tahun 1990 – dan 17 juta orang Amerika sekarang terkena. Aktifitas fisik dapat meningkatkan penurunan berat badan dan mencegah dan / atau mengontrol kondisi ini. Kehilangan berat badan dapat meningkatkan sensitivitas insulin, memperbaiki gula darah dan kadar kolesterol, dan mengurangi tekanan darah – yang semuanya sangat penting untuk kesehatan penderita diabetes.
Dalam studi yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, Frank Hu, MD, dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa yang berjalan cepat selama satu jam setiap hari dapat mengurangi resiko diabetes tipe II 34%.

4. Obesity. Kondisi Kegemukan dan kelebihan berat badan dapat dicegah atau diobati dengan latihan bersamaan dengan diet sehat. aktifitas membantu mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan massa otot, sehingga meningkatkan kemampuan tubuh membakar kalori. Kombinasi dari pengurangan kalori dan latihan harian adalah tiket ke penurunan berat badan. Dan mengendalikan kegemukan sangat penting, karena merupakan faktor risiko berbagai penyakit. Penurunan indeks massa tubuh (BMI) adalah cara pasti untuk mengurangi risiko mati muda dan hidup dengan kehidupan yang sehat.

5. Back Pain/Sakit Punggung. Sakit Punggung dapat dicegah atau dikelola dengan program kebugaran yang meliputi penguatan dan fleksibilitas otot. Mempunyai postur dan perut yang kuat adalah pertahanan tubuh terbaik terhadap sakit punggung.

6. Osteoporosis. latihan Weight-bearing (seperti berjalan kaki, jogging, naik anak tangga, menari, atau angkat beban) memperkuat pembentukan tulang dan membantu mencegah osteoporosis atau kehilangan massa tulang yang sering dilihat pada perempuan setelah menopause. Menggabungkan diet kaya akan kalsium dan vitamin D dengan latihan weight-bearing yang teratur akan menghasilkan hasil yang maksimal.

Menurut The Journal of the American Medical Association, data dari Nurses’ Health Study menunjukkan bahwa perempuan yang berjalan empat jam atau lebih per minggu memiliki 41% lebih sedikit patah tulang panggul dibandingkan dengan orang-orang yang berjalan kurang dari satu jam seminggu.

“Latihan dapat membantu Anda mengatasi stres dan mencegah kegelisahan dan depresi.”

7. Manfaat psikologis. Perbaikan penghargaan diri merupakan salah satu keunggulan atas aktivitas fisik yang teratur. Saat latihan, tubuh melepas bahan kimia yang disebut endorphins yang dapat meningkatkan mood Anda dan bagaimana Anda merasa tentang diri anda. Rasa yang muncul setelah lari atau menjalankan latihan seringkali digambarkan sebagai “Euphoric” dan ini dibarengi oleh harapan yang kuat. Latihan dapat membantu Anda mengatasi stres dan mencegah kegelisahan dan depresi.

Dan ini hanya beberapa dari cara-cara latihan meningkatkan kesehatan Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan juga dapat membantu melawan beberapa jenis kanker, meningkatkan fungsi kekebalan, dan banyak lagi.

Lakukan bersama-sama: Latihan dan Diet sehat

Latihan saja menghasilkan sedikitpenurunan berat badan, bila dikombinasikan dengan diet kurang kalori, efeknya jauh lebih mengesankan.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam The Journal of the American Medical Association, peneliti Universitas Pittsburgh menemukan bahwa orang-orang yang melaksanakan latihan secara teratur dan makan yang sehat, terjadi penurunan berat badan memperbaiki kesehatan cardiorespiratory tanpa memperhatikan lama atau intensitas mereka dalam latihan.

Studi lain yang dipublikasikan dalam JAMA menunjukkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk menuai keuntungan aktivitas fisik. Perempuan 65 tahun dan yang lebih tua yang mulai berjalan satu mil sehari terus-menerus memotong angka kematian dari semua penyebab sebesar 50%.

Perlawanan, Resistance

Jika latihan sangat baik bagi kita, mengapa orang tidak melakukannya?

Sebanyak 64%laki-laki dan 72% perempuan tidak melakukan latihan setiap hari, menurut data dari 2000 National Health Interview Survey. Amerika hari ini tidak lebih aktif daripada mereka satu dekade lalu.

American College of Sports Medicine merekomendasikan kombinasi dari latihan aerobik (jenis yang membuat anda bernapas lebih berat, seperti berjalan atau jogging) untuk kondisi cardiovascular ; pelatihan kekuatan (seperti senam atau angkat beban) untuk penguatan otot, dan penguluran untuk meningkatkan jangkauan gerakan.

Berusaha untuk melakukan semua tiga jenis, tapi ingat bahwa setiap latihan adalah lebih baik dari pada tidak. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk melakukan aktivitas fisik dalam kehidupan anda:

  • Mengadopsi anjing dan bawa untuk jalan-jalan setiap hari.
  • Lakukan hal-hal dengan cara lama – bangun untuk mengganti saluran TV, membuka pintu garasi secara manual; menggunakan pemotong rumput dorong.
  • Naik tangga daripada lift.
  • Berjalanlah dengan cepat kapanpun Anda dapat.
  • Minimalkan penggunaan mobil Anda; berjalan ke tempat tujuan.
  • Bermain tenis atau permainan atau olahraga yang Anda nikmati.
  • Bergabung dengan tempat latihan/gym atau klub kesehatan.

Jika suatu saat Anda tergoda untuk melewatkan latihan, simpan manfaat kesehatan yang hebat ini dalam pikiran dan ingat, setiap poin kecil membantu. Anda mungkin tidak bernafsu untuk melakukan latihan yang keras , tapi bagaimana dengan berjalan di lingkungan anda?

Jangan melewatkan kesempatan dalam hidup – yaitu, hidup yang lebih lama dan lebih sehat.

Satu Tanggapan to “Manfaat Latihan”

  1. evab Says:

    D baca pa….biar lu sehat selalu…ga gampang sakit n ga cepat tua!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: